Mohon tunggu...
ACHMAD PISERA
ACHMAD PISERA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa 23107030144 UIN Sunan Kalijaga

kunci keberhasilan adalah tidak menyerah dan ingin mencoba.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Broadcasting Tentang Riset Rating dan Non-Rating

15 Maret 2024   23:45 Diperbarui: 16 Maret 2024   00:05 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Riset penyiaran merupakan upaya media penyiaran untuk mengukur kinerjanya. Riset penyiaran terbagi atas riset ating dan riset non-reting. Jenis riset yang pertama merupakan upaya untuk mengetahui respon audien terhadap program yang sudah disiarkan sedangkan non-rating adalah riset untuk mengetahui prospek suatu program yang akan disiarkan.

Pertanyaan penting yang harus dijawab oleh pengelola program media penyiaran adalah siapa audien dari program yang tengah ditayangkan, bagaimana penjabaran demografisnya, di wilayah mana audien yang dituju berada, bagaiman tanggapan mereka terhadap program itu. Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, media penyiaran membutuhkan feedback atau umpan balik dari audien. Umpan balik merupakan hal yang sangat penting bagi pengelola media penyiaran, ini akan menjadi petunjuk apakah suatu program berhasil atau tidak.

Secara umum, umpan balik dalam penyiaran dapat diartikan sebagai seluruh informasi berasal dari audien. Umpan balik merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh pengelola program karena hal itu akan selalu terjadi umpan balik tidak harus selalu bersifat segera seperti ptogram interaktif, umpan balik tidak harus bbenar atau memadai namun yang pasti umpan balik akan selalu terjadi.

Riset Rating

Rating atau peringkat program yaitu sangat penting bagi pengelola stasiun penyiaran komersial. Adanya rating ini guna untuk mengetahui mengenai program apa saja yang menjadi unggulan dan program apa saja yang telah ditinggalkan audience, riset rating yaitu meneliti efektivitas program pada saat ditayangkan di stasiun penyiaran. Dan pada dasarnya yaitu untuk meneliti tindakan audience terhadap pesawat penerima. Riset reting sendiri sangat mengandalkan kuantitatif sedangkan riset non rating lebih bersifat kualitatif.

Study rating masih akan terus digunakan, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang sistem ini yaitu:

  • Rating hanyalah pendekatan atau perkiraan dari ukuran jumlah audience.
  • Rating tidak mengukur kualitas program atau pendapat tentang program.
  • Rating juga tidak bisa dijadikan sebagai bahan pegangan secara sama. Perusahan pengukur rating yang berbeda bisa menghasilkan angka rating yang berbeda, untuk pasar yang sama pada periode waktu yang sama.


Menurut Webster (2002) dalam konsep sederhana ini rating adalah suatu perentase orang atau rumah tangga yang melihat atau menyetel stasiun program atau jumlah populasi pasar yang menonton. dijelaskan lebih lanjut oleh (Ghazali, 2003) bahwa rating mengacu pada peringkat berdasarkan bebrapa banyak jumlah pemirsa suatu program yang ditayangkan pada lembaga penyiaran dari waktu ke waktu. Jadi rating diperoleh melalui jumlah pemirsa pada suatu program dan pada satuan waktu terhadap suatu target audien tertentu.

Lembaga survey televise di Indonesia adalah AGB Nielsen Media Reaserch penyediaan data rating televise di Indonesia berasal dari 10 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogya, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, Banjarmasin, dan Denpasar. Riset rating akhirnya menjadi favorite karena efektifitas program yang ditayangkan pada suatu stasiun televise akan mudah dipantau (Fachrudin,2012). Software andalannya ialah pengetahuan tingkat keberhasilan seluruh program. Umpan balik dapat diperoleh melalui sms atau menelepon namun cara ini tidak sistematis jika dibandingkan riset rating yang dilakukan oleh lebaga riset media.

Metode

  • Menggunakan catatan
  • Menggunakan alat pemantau
  • Telephone recall
  • Telephone coincidental method
  • Wawancara lansung

 

Faktor Dalam Riset Rating

  • Penentuan Wilayah Siaran
  • Unit perhitungan
  • Konsep Rating

Riset rating menerapkan sampel atas tiga aspek penelitian yang meliputi :

  • Sampel Perilaku
  • Sampel Waktu
  • Sampel Orang
  • Kelemahan Riset Rating

Menurut Head Sterling:

Tujuan riset hanya untuk meneliti dan mengukur seluruh audien siaran kerap tidak berhasil karena audien yang diteliti hanya terpusat di level masyarakat kelas menengah. Setelah itu jumlah sampel yang sangat kecil juga menjadi kelemahan riset rating, kesalahan memilih responden walaupun hanya beberapa orang untuk menjadi sempel akan menimbulkan efek yang besar.

Riset Non-Rating 

Riset non-rating memberikan informasi tentang apa yang disukai dan tidak disukai oleh audien, menganalisis berbagai jenis pemprogra, serta info demografi dan gaya hidup audience, dan lainnya.

            Semua informasi ini dimaksudkan untuk membekali para pengambil keputusan di industri media dengan informasi yang dapat menghapus pendekatan kira-kira. Riset non-rating memang tidak bisa memecahkan semua persoalan yang dihadapi pihak penyiaran, namun bisa digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan.

Pengelola media penyiaran selalu ingin tahu apakah program siaran yang diproduksi akan berhasil jika ditayangkan, apakah audien akan menyukai program tersebut.

Rencana program perlu diuji terlebih dahulu sebelum diproduks sebelum diproduksi. Kegiatan pengujian program ini dinamakan dengan riset non rating atau uji coba program.

Menurut Edwen T Vane dan Lynne S Gross terdapat empat metode penelitian program televise yaitu:

  • Focus group

Dengan mengunakan metode search seperti focus group untuk mengetest programstasiu televise, termasuk stasiun televise mereka dan pemasaran stasiun televise tersebut. Focus group biasanya digunakan untuk evaluasi.

  • Mini theater 

Dalam penelitian ini sebanyak 25 responden terpilih diundang ke ruang pertunujukan yang sudah dilengkapi peralatan khusus yakni program analzyzer. Pada setiap kursi terdapat peralatan kecil yang terhubung dengan computer sental yang akan mencatat seluruh pilihan rsponden. Jawaban reponden dapat dikelompokan kedalam data demografis yang sudah ditetapkan, setelah program ditayangkan penonton diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi keterangan tambahan dari masing-masing peserta terhadap acara tersebut.

  • Cable-based Studies

Kelemahan riset mini teather adalah tidak alamiah. Riset mini teather menggunakan fasilitas public dan peserta dapat terpengaruh oleh tanggapan masyarakat. Kelemahan ini mengarahakan peneliti menggunakan metode lain dan solusinya adalah menggunakan penelitian melalui televise kabel.

  • Telephone Research

Metode ini peneliti menelepon sejumlah responden yang sudah ditentukan terlebih dahulu dan meminta jawaban mereka berdasarkan kuesioner yang sudah disiapkan. Riset melalui telepon ini memiliki dua tujuan yaitu: mengukur apakah audien cukup mengenal dengan suatu program dan para pemainnya dan mengukur tingkat daya Tarik suatu program.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun