Mohon tunggu...
Anya Prilla Azaria
Anya Prilla Azaria Mohon Tunggu... Lainnya - Life enthusiast.

INFJ. Someone who loves psychology and philosophy. anya.prillaazaria14@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Skeptis terhadap Ucapan ''Aku Harus Jadi yang Terbaik''

24 Juli 2022   11:51 Diperbarui: 24 Juli 2022   12:17 469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bersepeda Menuju Puncak (Sumber: Pixabay.com)

Pernahkah anda mendengar istilah ''skeptis''?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skeptis memiliki arti kurang percaya atau ragu-ragu terhadap suatu hal. Dari ucapan ''Aku harus jadi yang terbaik'' menurut pandangan saya, bisa memiliki arti yang berbeda. 

Dalam bayangan saya, ada dua versi makna dari ucapan tersebut. Versi pertama adalah ''Aku harus jadi yang terbaik dibandingkan siapapun'' dan versi kedua adalah ''Aku harus jadi yang terbaik dibandingkan diriku sendiri sebelumnya''.

Dua versi tersebut sebetulnya tidak ada yang salah. Hal tersebut sah-sah saja. Namun, saya akui saya sangat skeptis dengan ucapan ''Aku harus jadi yang terbaik dibandingkan siapapun''. Mengapa saya berpikir seperti itu? 

Saya akan coba ulas melalui komparasi dari dua kasus fiksi yang saya bayangkan. 

Saya penasaran, jika ada dua versi seperti ini, kira-kira apa yang akan terjadi ya?

1. Versi Pertama

Mencapai Bulan (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/bulan-mencapai-mimpi-fantasi-5254351/)
Mencapai Bulan (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/bulan-mencapai-mimpi-fantasi-5254351/)

Kita sebut saja dengan Alia. Alia adalah seorang anak berprestasi yang selalu mendapatkan nilai di atas 95 di semua mata pelajaran. Bahkan, Alia selalu mendapatkan peringkat 1 di kelasnya. Alia memiliki prinsip bahwa dia harus menjadi yang terbaik dibandingkan siapapun yang ada di sekolahnya. 

Apakah itu merupakan hal yang baik?

Tentu saja. Tidak ada salahnya jika Alia ingin berjuang untuk menjadi yang terbaik dibandingkan dengan teman-temannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun