Mohon tunggu...
Anwar Firdaus Mutawally
Anwar Firdaus Mutawally Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Anwar merupakan seorang mahasiswa pendidikan sejarah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Mahasiswa UPI Membangun Desa Cinanjung di Bidang Pendidikan Melalui Kegiatan KKN Tematik 2021

27 Juli 2021   19:15 Diperbarui: 27 Juli 2021   19:17 112 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Mahasiswa UPI Membangun Desa Cinanjung di Bidang Pendidikan Melalui Kegiatan KKN Tematik 2021
SDN Sukamantri - Dokumentasi Penulis

Pandemi COVID-19 tengah melanda dunia. Indonesia tak luput menjadi salah satu negara yang terkena wabah pandemi tersebut. Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor termasuk di bidang pendidikan. Sejak diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah terhitung tanggal 3 Juli 2021 -- 25 Juli 2021, tentunya aktivitas masyarakat menjadi terbatas dan hanya dapat melakukan kegiatan dari rumah. Pembelajaran pun saat ini dilakukan secara daring, seperti yang dilakukan di SDN Sukamantri, Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Nampaknya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan terkadang menimbulkan kesulitan baik bagi siswa maupun guru.

UPI menyelenggarakan Kegiatan KKN yang terbagi menjadi 2 Gelombang. Gelombang I diadakan mulai 1 Juli 2021 - 30 Juli 2021, sedangkan Gelombang II diadakan mulai 2 Agustus 2021 - 31 Agustus 2021. Gelombang I diikuti oleh 3000 mahasiswa UPI dari berbagai Fakultas dan Kampus Daerah. Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 mengusung tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi". Salah satu program yang ditawarkan adalah "Program Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan" dengan sasaran guru, siswa beserta orang tuanya.

Anwar Firdaus Mutawally, mahasiswa Pendidikan Sejarah UPI merupakan seorang pemuda asli dari Desa Cinanjung. Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 memberikan peluang bagi Anwar untuk mengabdikan diri untuk Desa Kelahirannya tersebut. Program yang anwar usung adalah "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan". Anwar memilih SDN Sukamantri karena ia pernah mengeyam bangku Sekolah Dasar selama 6 tahun di SD tersebut. Kembalinya Anwar ke SDN Sukamantri disambut baik oleh Kepala Sekolah Ibu Elin Herlina, S.Pd dan Wakil Kepala Sekolah Bapak Soma Wijaya, S.Pd serta seluruh jajaran Guru.

Anwar Beserta Guru SDN Sukamantri - Dokumentasi Penulis
Anwar Beserta Guru SDN Sukamantri - Dokumentasi Penulis
Kegiatan KKN yang dilakukan Anwar selama 30 hari di SDN Sukamantri diantaranya membantu pembelajaran daring menggunakan berbagai flatform seperti whatsapp grup, zoom meeting dan google meet. Meskipun terkadang sinyal menjadi kendala, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat dari siswa dan guru untuk tetap melakukan pembelajaran. Anwar pun melakukan pendampingan pembelajaran daring bagi siswa kelas 2 dan kelas 5 di SDN Sukamantri. Anwar membantu siswa yang kesulitan memahami tugas matematika. Selain itu, orang tua siswa ikut dibimbing untuk mendampingi anak selama pembelajaran daring. Salah satu perubahan penting yang dibawa oleh anwar adalah memperkenalkan LKS berbasis Google Form. Selama ini, pengumpulan tugas LKS di SDN Sukamantri dilakukan secara luring. Hal ini membuat orang tua siswa resah dan khawatir akan keselamatan putra-putrinya karena harus tetap pergi ke sekolah di tengah pandemi COVID-19. Dengan adanya LKS berbasis Google Form, siswa kini tidak perlu menyerahkan tugas secara langsung ke sekolah. Anwar tak lupa ikut membantu guru dalam mempersiapkan administrasi untuk pembelajaran seperti pembuatan jadwal pelajaran, program tahunan, program semester dan memetakan kompetensi dasar. Guru-guru di SDN Sukamantri merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN Tematik UPI 2021 ini. Hadirnya mahasiswa KKN membawa perubahan berarti bagi kegiatan pembelajaran daring di SDN Sukamantri.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN