Mohon tunggu...
ANUGRAH FITRADI
ANUGRAH FITRADI Mohon Tunggu...

Lulusan sarjana Peternakan Jabatan Penyuluh Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Linge

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gerakan Makan Sayur Ala Murid SDN 9 Linge

25 November 2018   23:56 Diperbarui: 26 November 2018   00:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
Gerakan Makan Sayur Ala Murid SDN 9 Linge
Foto Pribadi

Gerakan Makan Sayur merupakan salah satu kegiatan dalam Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Ini merupakan kegiatan dari Dinas Pangan Kabupaten Aceh Tengah. 

KRPL bertujuan untuk membina ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) dimana memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing membudidayakan tanaman sayur-sayuran tanpa menggunakan bahan kimia dan aman untuk dikonsumsi sehingga terjaga kandungan gizi pangan dalam keluarga.

Anak-anak Murid Sekolah Dasar Negeri 9 Linge (22/11/2018) inilah dilakukannya Gerakan Makan Sayur oleh Tim dari Dinas Pangan Kabupaten Aceh Tengah didampingi oleh PPL Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Ketapang Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah. 

Kegiatan ini juga mendukung kegiatan KRPL dengan membentuk suatu Kebun Sekolah, dimana nantinya para murid-murid SDN tersebut dapat belajar tentang pertanian serta pentingnya tanaman sehat untuk kesehatan tubuh kita.

Alawanya tampak girang para anak-anak dengan disuguhkan sayuran selada yang dicampur dengan kerupuk, timun, telur dadar dan sambal. Sebagian anak-anak lahap memakan sayur tersebut dan ada juga yang enggan. 

Namun, kegiatan ini sungguh menarik perhatian para anak-anak sebab kegiatan seperti ini sangat jarang atau dengan kata lain tidak pernah anak-anak mendapat kegiatan seperti ini sehingga anak-anak tampak sangat antusias makan sayuran tersebut. Disamping itu juga anak-anak diajarkan cara menanam sayuran dengan sistem hidroponik serta menanam berbagai tanaman di kebun sekolah.

 Melalui kegiatan Gerakan Makan Sayur ini walaupun tampaknya sederhana tapi memiliki makna yang mendalam bagi anak-anak SDN 9 Linge Kampung Linge Kabupaten Aceh Tengah ini yang lokasinya sangat jauh dari perkotaan (daerah terpencil). 

Di daerah ini rentan sekali dengan kondisi stunting yang mengenai anak-anak sehingga diperlukannya kegiatan KRPL ini untuk menunjang para ibu-ibu atau orang tua untuk memikirkan pentingnya gizi bagi anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan dengan menyediakan makanan yang bergizi serta sehat. (FT-LL)