Mohon tunggu...
Anugerah Salsabillah R
Anugerah Salsabillah R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo welcome to my blog

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Insecure

24 September 2021   21:13 Diperbarui: 24 September 2021   21:21 60 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Insecure
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Anugerah Salsabillah Ramadhani Putri

NIM   : 202110230311472

INSECURE : SATU KATA MEMBUAT LUPA SEGALANYA

Insecure adalah perasaan cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman , sehingga seseorang yang insecure biasanya gampang merasa cemburu, selalu menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya lalu membandingkan diri mereka jika ada salah satu yang kurang atau tidak seperti orang lain , dan bisa saja seseorang tersebut semakin sering menunjukkan kelebihannya untuk menutupi rasa insecure tersebut . 

Perasaan tidak aman atau insecure sebenarnya normal , semua orang pasti akan masuk dalam fase tersebut , namun menjadi masalah ketika orang tersebut terlalu berlebihan dalam insecure.

Biasanya orang yang insecure memiliki kepribadian yang melankolis dan perfeksionis dimana hal itu bisa saja timbul karena pengalaman di masa lampau.

Tanda-tanda dari orang yang insecure ini bisa terlihat dengan jelas , seperti menyalahkan diri sendiri ketika sesuatu yang diinginkan tidak berjalan sesuai dengan keinginan , terlalu melebih-lebihkan diri sendiri agar terlihat berpotensi .

Pada era saat ini penggunaan media sosial semakin marak , melalui media sosial dapat membuat orang menjadi insecure karena sering kali melihat kehidupan teman-teman online mereka yang mungkin bagi nya lebih baik dan membuat iri atau cemburu. 

Hal itu sudah menjadi rahasia umum bahkan banyak kontrofersi yang mengatakan bahwa sebaiknya tidak mengumbar kehidupan di media sosial karena akan menimbulkan kecemburuan sosial , namun ada pula yang berpendapat bahwa media sosial itu memang tempat berbagi cerita dengan teman-teman yang jauh, sehingga melalui media social dapat memberikan informasi.

Pendapat tersebut tidak ada salah dan betulnya , semua tergantung presepsi penggunanya .Satu hal yang perlu diperhatikan ketika kita melihat sesuatu milik orang lain yaitu berusaha menghindari sifat iri dan cemburu , hal itu akan menjadi penyakit hati yang akan membuat lupa bersyukur atas semua yang telah dimiliki .

Ernest Prakasa, salah satu sutradara terkenal di dunia perfilman menciptakan film tentang imperfect , yang menceritakan seorang perempuan yang memiliki bentuk fisik yang besar atau gendut karena merasa tidak ada yang mau menjadi temannya karena fisik nya ia memiliki keinginan untuk diet, ketika ia berhasil diet, ia mempunyai segalanya berteman dengan teman-teman yang dulu menjauhi nya , namun ia kehilangan orang-orang yang tulus menemani nya ketika masih memiliki banyak kekurangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan