Mohon tunggu...
antung apriana
antung apriana Mohon Tunggu... Administrasi - ibu bekerja dengan 2 anak

working mom with 2 children, blogger www.ayanapunya.com

Selanjutnya

Tutup

Book Artikel Utama

Rekomendasi Novel Metropop Bertema Cinta di Lingkungan Kerja

10 Oktober 2023   15:45 Diperbarui: 13 Oktober 2023   00:40 656
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar diolah dari Gramedia

Sebagai seorang pembaca buku fiksi, salah satu genre favorit saya adalah metropop yang biasanya bercerita tentang kehidupan wanita lajang di kota besar.

Saya lupa kapan tepatnya genre ini hadir namun seingat saya saat itu saya masih di bangku kuliah dan saat itu genre chicklit sedang booming di dunia buku terutama novel luar negeri.

Kehadiran novel-novel seperti seri Shopaholic, Devil Wears Prada kemudian melahirkan versi lokal dari genre tersebut yang kini kerap disebut metropop. Saya cukup ingat di kala itu salah satu novel metropop pertama yang saya baca adalah Indiana Chronicle yang ditulis oleh Clara Ng.

Dari genre metropop ini, lahirlah nama-nama penulis yang ceritanya selalu ditunggu seperti Ika Natassa, Clara Ng, Almira Bastari, Alberthiene Endah lalu dan nama-nama lainnya yang seolah tak pernah kehabisan ide dalam berbagi cerita soal kehidupan wanita lajang di kota metropolitan.

Saat ini selain metropop, ada juga genre lain yakni City lite yang ceritanya juga berkisar tentang kehidupan para warga pekerja di kota besar. Entah apa bedanya kedua genre ini namun bagi saya selama ceritanya seru dan bagus pastinya akan saya baca sampai habis. 

Dari sekian banyak novel metropop yang sudah pernah saya baca, tentunya ada cukup banyak yang meninggalkan kesan tersendiri. Biasanya nih, salah satu hal yang menarik dari sebuah novel metropop adalah kisah cinta tokoh utamanya yang kadang cukup berliku. Ada yang awalnya berantem terus dan berujung jadian, ada juga yang dari rekan kerja jadi pasangan.

Di masa saya masih lajang dan dalam kegalauan mencari jodoh, kisah cinta di novel Metropop ini menjadi sebuah hiburan tersendiri karena saya merasa jadi ada temannya. Walau ya, biasanya sih cerita cintanya mudah ditebak dan nyatanya sangat berbeda dengan yang saya alami. Hehe.

Nah, salah satu tema yang cukup menarik untuk diikuti dari beberapa novel Metropop yang saya baca adalah tentang kisah cinta antara bos dengan anak buahnya.

Bagi teman-teman yang juga menyukai novel metropop seperti saya, cerita seperti ini pastinya sudah tidak asing, ya? Meski kadang pattern-nya terbaca dan endingnya juga mudah ditebak namun jujur saya tetap menyukai tema ini. Mungkin karena di dalam ceritanya biasanya ada cerita kucing-kucingan dan tarik ulur antara kedua tokoh utama ini yang membuat pembaca jadi geregetan sendiri.

Lalu, novel metropop apa saja yang memberikan kesan tersendiri bagi saya untuk tema love at the office ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun