Media sosial bukan hanya merupakan situs untuk berbagai orang dari penjuru dunia bertemu. Media sosial kini menjadi sebuah tempat promosi tertarget yang sangat potensial. Menjadikan media sosial sebagai sarana promosi usaha merupakan pilihan tepat yang dapat menghemat biaya operasional bisnis Anda.
Media sosial memiliki kelebihan sebagai sebuah sarana promosi bisnis. Media sosial merupakan situs interaksi sosial secara maya yang bersifat gratis. biaya operasional bisnis Anda pun dapat ditekan. Media sosial juga memungkinkan promosi bisnis yang tertarget pada konsumen tertentu. Media sosial juga memungkinkan komunikasi dua arah yang mudah dilakukan. media sosial ini pun merupakan tren yang sangat mendunia dalam beberapa tahun belakangan ini. dengan menggunakan media sosial, hubungan jangka panjang antara Anda dan konsumen dapat terjaga dengan baik dan mudah. hal ini dapat membawa keuntungan jangka panjang bagi usaha Anda.
Untuk memanfaatkan media sosial dengan maksimal, diperlukan langkah-langkah yang tepat dalam melakukan promosi secara online. Berikut ini merupakan 10 tips yang dapat mengoptimalkan promosi bisnis Anda lewat media sosial. Apa sajakah tips-tips tersebut? simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.
1. Manfaatkan fitur 'Check In' di Facebook Page
Fitur ini cocok untuk Anda yang ingin mempromosikan tempat usaha Anda. fitur ini mengizinkan orang-orang yang telah datang ke tempat Anda menAndai bahwa dirinya pernah datang ke tempat Anda. dengan demikian orang lain akan dapat melihat siapa saja yang telah datang ke tempat Anda. semakin banyak pelanggan yang telah datang ke tempat Anda, orang-orang akan semakin tertarik pula untuk datang ke tempat Anda. apalagi jika ada seorang publik figur yang menAndai dirinya telah 'check in' ke tempat Anda. Anda bisa membayangkan sendiri berapa banyak orang yang akan tertarik untuk datang ke tempat Anda nantinya.
2. Pastikan bisnis Anda sudah ada dalam Foursquare
Foursquare merupakan suatu media sosial berbasis lokasi. Foursquare memungkinkan penggunanya 'check in' di suatu lokasi dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda. akan sangat bermanfaat bila Anda mendaftarkan bisnis Anda di Foursquare. Pelanggan-pelanggan Anda dapat menAndai dirinya di sana dan berkomunikasi satu sama lain. Anda pun, sebagai pemilik bisnis, dapat berinteraksi dengan pelanggan-pelanggan Anda di dunia media sosial.
3. Manfaatkan fitur Facebook Graph Search untuk kemudahan meraih pelanggan
Fitur Graph Search yang ditawarkan Facebook ini tergolong baru. Graph Search merupakan suatu fitur Facebook yang memungkinkan seseorang mencari tempat dan bisnis di lingkungan sekitarnya. Dengan mendaftarkan bisnis Anda pada Facebook, banyak orang yang akan dapat menemukan bisnis Anda saat mereka menggunakan Graph Search. Graph Search juga akan menunjukkan lokasi Anda padanya. dengan demikian ia akan dengan mudah menemukan lokasi bisnis Anda. sayang rasanya apabila Anda melewatkan untuk memanfaatkan fitur cemerlang ini.
4. Pastikan untuk selalu aktif di Twitter
Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan juga dunia. Media sosial yang satu ini juga banyak digunakan sebagai ajang promosi usaha. Anda bisa memanfaatkan twitter untuk mempromosikan produk-produk Anda, memposting foto para pelanggan yang telah datang ke tempat Anda, mempromosikan event dan promo terbaru dan sebagainya. Hal menarik lain dari twitter adalah pelanggan Anda dapat membatu melakukan promosi untuk bisnis Anda. pelanggan Anda bisa 'mention' atau menyebutkan akun bisnis Anda dalam tweetnya. Nama bisnis Anda pun akan dapat terlihat oleh semua followers twitter pelanggan Anda. jika ada followersnya yang tertarik, ia langsung dapat melihat akun twitter bisnis Anda hanya dengan satu klik saja. Dengan demikian bisnis Anda kan dengan cepat dikenal oleh banyak orang.