Apriyanto
Apriyanto Internet marketer

Owner iklansosmed.com - Agensi Digital Marketing di Bogor

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

10 Tips Optimalkan Promosi Bisnis Lewat Media Sosial

5 Desember 2017   04:29 Diperbarui: 3 November 2018   01:24 1553 2 1

Media sosial bukan hanya merupakan situs untuk berbagai orang dari penjuru dunia bertemu. Media sosial kini menjadi sebuah tempat promosi tertarget yang sangat potensial. Menjadikan media sosial sebagai sarana promosi usaha merupakan pilihan tepat yang dapat menghemat biaya operasional bisnis Anda.

Media sosial memiliki kelebihan sebagai sebuah sarana promosi bisnis. Media sosial merupakan situs interaksi sosial secara maya yang bersifat gratis. biaya operasional bisnis Anda pun dapat ditekan. Media sosial juga memungkinkan promosi bisnis yang tertarget pada konsumen tertentu. Media sosial juga memungkinkan komunikasi dua arah yang mudah dilakukan. media sosial ini pun merupakan tren yang sangat mendunia dalam beberapa tahun belakangan ini. dengan menggunakan media sosial, hubungan jangka panjang antara Anda dan konsumen dapat terjaga dengan baik dan mudah. hal ini dapat membawa keuntungan jangka panjang bagi usaha Anda.

Untuk memanfaatkan media sosial dengan maksimal, diperlukan langkah-langkah yang tepat dalam melakukan promosi secara online. Berikut ini merupakan 10 tips yang dapat mengoptimalkan promosi bisnis Anda lewat media sosial. Apa sajakah tips-tips tersebut? simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Manfaatkan fitur 'Check In' di Facebook Page

Fitur ini cocok untuk Anda yang ingin mempromosikan tempat usaha Anda. fitur ini mengizinkan orang-orang yang telah datang ke tempat Anda menAndai bahwa dirinya pernah datang ke tempat Anda. dengan demikian orang lain akan dapat melihat siapa saja yang telah datang ke tempat Anda. semakin banyak pelanggan yang telah datang ke tempat Anda, orang-orang akan semakin tertarik pula untuk datang ke tempat Anda. apalagi jika ada seorang publik figur yang menAndai dirinya telah 'check in' ke tempat Anda. Anda bisa membayangkan sendiri berapa banyak orang yang akan tertarik untuk datang ke tempat Anda nantinya.

2. Pastikan bisnis Anda sudah ada dalam Foursquare

Foursquare merupakan suatu media sosial berbasis lokasi. Foursquare memungkinkan penggunanya 'check in' di suatu lokasi dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda. akan sangat bermanfaat bila Anda mendaftarkan bisnis Anda di Foursquare. Pelanggan-pelanggan Anda dapat menAndai dirinya di sana dan berkomunikasi satu sama lain. Anda pun, sebagai pemilik bisnis, dapat berinteraksi dengan pelanggan-pelanggan Anda di dunia media sosial.

3. Manfaatkan fitur Facebook Graph Search untuk kemudahan meraih pelanggan

Fitur Graph Search yang ditawarkan Facebook ini tergolong baru. Graph Search merupakan suatu fitur Facebook yang memungkinkan seseorang mencari tempat dan bisnis di lingkungan sekitarnya. Dengan mendaftarkan bisnis Anda pada Facebook, banyak orang yang akan dapat menemukan bisnis Anda saat mereka menggunakan Graph Search. Graph Search juga akan menunjukkan lokasi Anda padanya. dengan demikian ia akan dengan mudah menemukan lokasi bisnis Anda. sayang rasanya apabila Anda melewatkan untuk memanfaatkan fitur cemerlang ini.

4. Pastikan untuk selalu aktif di Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan juga dunia. Media sosial yang satu ini juga banyak digunakan sebagai ajang promosi usaha. Anda bisa memanfaatkan twitter untuk mempromosikan produk-produk Anda, memposting foto para pelanggan yang telah datang ke tempat Anda, mempromosikan event dan promo terbaru dan sebagainya. Hal menarik lain dari twitter adalah pelanggan Anda dapat membatu melakukan promosi untuk bisnis Anda. pelanggan Anda bisa 'mention' atau menyebutkan akun bisnis Anda dalam tweetnya. Nama bisnis Anda pun akan dapat terlihat oleh semua followers twitter pelanggan Anda. jika ada followersnya yang tertarik, ia langsung dapat melihat akun twitter bisnis Anda hanya dengan satu klik saja. Dengan demikian bisnis Anda kan dengan cepat dikenal oleh banyak orang.

5. Pastikan bisnis Anda mempunyai akun LinkedIn

Mengapa LinkedIn? Memiliki akun LinkedIn akan sangat menguntungkan bagi promosi bisnis Anda. karena Google akan otomatis memprioritaskan akun LinkedIn daripada akun-akun media sosial lainnya. dengan memiliki akun LinkedIn, mesin pencarian Google akan dapat menemukan bisnis Anda dengan lebih cepat. orang-orang pun juga akan dengan lebih mudah menemukan bisnis Anda di internet. tapi jangan lupa untuk konsisten mengupdate konten-konten di LinkedIn. LinkedIn yang tidak terkelola dengan konsisten akan mengakibatkan buruknya reputasi bisnis Anda di mata konsumen.

6. Buatlah Channel Youtube

Youtube merupakan sebuah situs hosting video terbesar di internet. siapa yang tidak kenal youtube saat ini? kepopuleran youtube dapat Anda manfaatkan sebagai ladang promosi yang potensial bagi bisnis Anda. Anda dapat membuat sebuah video yang ditujukan untuk keperluan promosi. Jika Anda ingin mempromosikan produk Anda, Anda hanya perlu membuat video berdurasi beberapa menit yang memperkenalkan produk Anda. jika Anda berniat untuk mempromosikan event dan promo bisnis Anda, Anda dapat merangkumnya pula dalam sebuah video singkat yang menarik. Anda juga bisa memberdayakan pelanggan yang telah datang ke tempat Anda untuk membuat video testimoni tentang bisnis Anda. Anda bisa meminta mereka untuk mencantumkan link ke channel youtube bisnis Anda di keterangan videonya. Trik yang menarik bukan?

7. Miliki akun Yelp.com

Yelp.com merupakan situs yang memungkinkan pengunjung mereview bisnis-bisnis yang telah mereka kunjungi di berbagai belahan dunia. Dengan mendaftarkan dan memiliki akun Yelp, pelanggan Anda dapat meninggalkan testimoni-testimoni terkait bisnis Anda. hal ini sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. karena orang-orang akan melihat testimoni-testimoni pelanggan dulu sebelum memutuskan untuk datang ke sebuah tempat bisnis. kelola akun Yelp yang Anda miliki dengan baik. jaga agar testimoni yang dituliskan di sana merupakan testimoni yang bersifat positif. Jika sampai ada seseorang yang membaca testimoni negatif tentang bisnis Anda, hal itu akan menjauhkan pelanggan dari bisnis Anda. testimoni positif akan meyakinkan orang untuk datang ke tempat Anda.

8. Promosikan event Anda di media sosial

Jika Anda memulai bisnis, mengadakan event merupakan salah satu cara promosi yang cukup efektif. Anda pun tentunya ingin event yang Anda selenggrakan memiliki peminat yang banyak. Dengan banyaknya peminat di event tersebut, Anda akan memiliki sejumlah masa yang siap untuk dijadikan sebagai target promosi. Anda dapat meningkatkan jumlah peminat event tersebut denga mempromosikannya di media sosial. Anda dapat memposting poster tentag event tersebut di media sosial Anda. atau Anda hanya perlu memposting kata-kata yang menarik beserta pengumuman event. Contoh event tersebut yaitu pemberian diskon besar-besaran dalam rangka merayakan hari besar nasional.

9. Memposting Foto Bisnis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2