Mohon tunggu...
Antonius Babo Wea
Antonius Babo Wea Mohon Tunggu... Lainnya - Profil tersebut di atas adalah profil pribadi

Nama Lengkap: Antonius Babo Wea Nama Panggil : Anton status: Menikah pekerjaan; swasta

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Masalah Sampah adalah Masalah Kesadaran

6 Juni 2022   16:17 Diperbarui: 6 Juni 2022   16:19 78 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Masalah Sampah Adalah Masalah Kesadaran

Persoalan sampah plastik yang mengitari sumber mata air Wae Sambi belum usai. 

Meskipun sudah beberapa kali dilakukan upaya pembersihan secara masal namun belum tuntas. Tumpukan sampah plastik masih saja membeludak di sana. 

Pandangan ini yang terus menggerkan hati dan pemikiran aktivis dan pegiat lingkungan perempuan yang berasal dari Labuan Bajo, Gabriela Uran untuk terus melakukan upaya pembersihan sampah di sumber mata air Wae Sambi.

Gabriela Uran yang menjabat sebagai ketua Komisi Justice, Peace and Integrity of Creatioan (JPIC) Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Wae Sambi -- Labuan Bajo sekaligus menjabat sebagai Direktris Yayasan Komodo Indonesia Lestari (Yakines), Labuan Bajo. 

Dua kali sudah ia berhasil mengajak berbagai elemen masyarakat yang ada dalam kota Labuan Bajo untuk bersama-sama melakukan upaya pemungutan sampah plastik di sekitar mata air tersebut. 

Selain melakukan pemungutan sampah secara masal juga telah dilakukan perayaan ekaristi Kudus secara bersam-sama di dua sumber mata air yakni sumber mata air Wae Sambi dan sumber mata air Wae Tuak.

Upaya pungut sampah secara masal dan diadakan perayaan ekaristi kudus (misa) ekologis itu diharapkan dapat menjadi titik tolak untuk menyadarkan banyak orang tentang masalah sampah terlebih masalah sampah plastik. 

Namun demikian kesadaran yang diharapkan tidak serta merta didapatkan. Kesadaran bersama masih jauh dari apa yang diharapkan.  Seperti kata pepatah panggang jauh dari api. 

Kehadiran banyak orang saat memungut sampah sebelumnya sampai dengan perayaan ekaristi ekologis itu tidak juga menyadarkan banyak orang yang mendiami kota Labuan Bajo bahwa masalah sampah adalah masalah bersama. Sebagai masalah bersama maka perosalan itu harus diatasi secara bersama-sama pula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan