Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Berpuasa Bulan Ramadan Bagian dari Rukun Islam yang Harus Ditunaikan Kaum Muslimin

15 April 2022   21:39 Diperbarui: 17 April 2022   03:33 555 23 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar : www.muslimobsession.com

Berpuasa bagi setiap umat muslim merupakan bagian yang tak terpisahkan dari amal ibadah yang harus dilaksanakan sebagai upaya untuk menyempurnakan keislamannya.

Melaksanakan puasa menjadi suatu amal ibadah bagi setiap orang yang beragama Islam, hal ini sesuai dengan perintah rukun Islam yang menjadi pegangan bagi setiap orang yang sudah menyatakan diri menganut agama Islam.

Ada 5 rukun Islam yang harus dipatuhi, dilaksanakan dan tentunya wajib menjadi bagian dari hidup bagi setiap kaum muslimin baik perempuan maupun laki-laki yaitu :

1. Mengucapkan dua kalimat shahadat yang berbunyi : "Ashaduallaa Ilaaha Illalloh wa Ashadu'anna Muhammadarrosulullah", yang diucapkan oleh setiap orang yang menyatakan diri sebagai umat Islam dan berhak menjadi bagian dari kaum muslimin.

2. Melaksanakan shalat 5 waktu dalam sehari semalam, hal ini wajib adanya bagi setiap kaum muslimin dan semua orang yang sudah masuk Islam setelah mengucapkan 2 kalimah shahadatain itu.

3. Menunaikan zakat, perihal zakat ini dalam ajaran islam ada 2 kategori, yaitu pertama adalah zakat Fithrah yang wajib ditunaikan pada setiap bulan ramadan sebagai upaya pensucian diri. 

Sedangkan yang satunya lagi adalah zakat Mal, yang mana zakat mal dapat ditunaikan kapan saja, tidak mengenal waktu dalam menunaikannya sebagai bentuk upaya membersihkan harta benda yang dimiliki agar terbebas dari adanya hak-hak orang lain yang terdapat pada semua harta benda yang kita miliki.

4. Berpuasa di bulan ramadan. Puasa di bulan ramadan merupakan perintah Allah SWT., yang harus dilaksanakan oleh setiap orang yang sudah mengikrarkan diri menganut ajaran Islam dan hukumnya wajib bagi setiap kaum muslimin terkecuali bagi yang mendapat rukhsah (keringanan) sesuai ajaran Islam.

5. Menunaikan haji bagi setiap kaum muslimin yang sudah mampu baik perempuan maupun laki-laki dan tentunya telah memenuhi syarat sesuai ajaran Islam.

Jika semua rukun Islam dapat ditunaikan dengan baik, maka keislamannya bisa dikatakan telah sempurna dan ia harus mempertahankan kualitas keislamannya serta agar lebih meningkatkan amal ibadahnya sesuai dengan ajaran yang telah di contohkan Rasulullah Muhammad SAW dan di perintahkan Allah SWT.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan