Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

3 Pola Hidup Sehat akan Menghindari Obesitas yang Menakutkan

26 Januari 2022   12:43 Diperbarui: 26 Januari 2022   14:05 177 18 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar : www.pexels.com

Salah satu masalah yang sering menimpa sebagian orang yaitu mengalami obesitas, kejadian dimana lemak menumpuk di dalam tubuh yang diakibatkan banyaknya lemak dan kalori yang masuk lebih tinggi dibanding yang dibakar.

Obesitas biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat dan tidak teratur, semisal kebiasaan ngemil, kebiasaan makan makanan yang mengandung lemak tinggi serta gula, dan kurangnya olahraga.

Sehingga, dengan kebiasaan pola hidup yang tidak teratur (tidak mengikuti aturan kesehatan) dapat menyebabkan terjadinya obesitas (kegemukan) dan tekanan darah yang tidak stabil dalam tubuh.

Pola hidup tidak teratur yang berupa aktivitas sehari-hari dapat menurunkan status kesehatan, kondisi tubuh tidak terkontrol dan dapat mendatangkan penyakit yang berdampak pada tubuh kita sendiri.

Ada 3 pola hidup sehat namun sederhana yang sangat berpengaruh terhadap kemungkinan besar terjadinya obesitas pada tubuh manusia, maka agar tidak mengalami obesitas, minimal 3 hal ini kita perhatikan, yaitu :

1. Makan Yang Teratur dan Cukup Gizi

Pola hidup sehat di pengaruhi oleh kebiasaan makan yang teratur, memperhatikan kandungan gizi yang seimbang dan menghindari makanan yang mengandung lemak serta kolesterol tinggi.

Selain makan yang teratur, juga harus menghindari kebiasaan ngemil kapan saja terutama di malam hari, jika ini biasa dilakukan setiap harinya, maka besar kemungkinan kita akan mengalami obesitas.

Dengan makan yang teratur waktunya dan tercukupinya nilai kandungan gizi untuk tubuh dalam setiap makanan yang dikonsumsi, akan menyebabkan tubuh kita sehat wal'afiat.

Nah, jika makan tidak teratur dan tidak mencukupi gizinya bisa menyebabkan berat badan terus meningkat (obesitas), ketidak seimbangan hormon tubuh, terganggunya pencernaan, meningkatnya kadar gula dalam tubuh, bahkan kram dibagian perut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan