Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pengabdian Masyarakat Melalui KKN Tematik, Apa Saja Manfaatnya?

29 Agustus 2021   11:19 Diperbarui: 3 Oktober 2021   22:23 175 17 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengabdian Masyarakat Melalui KKN Tematik, Apa Saja Manfaatnya?
Gambar utama : Foto bersama kepala desa, DPL dan mahasiswa (Dok. Pribadi)

Sudah menjadi suatu tradisi akademik perguruan tinggi yang masih terus dilaksanakan sampai sekarang oleh sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia.

Yaitu melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, yang dilaksanakan pada setiap tahunnya.

Pengabdian masyarakat melalui KKN, apa saja manfaatnya?

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki komitmen untuk senantiasa melaksanakan pengabdian masyarakat, yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa dengan di bimbing oleh dosen sebagai wujud pelaksanaan tridarma perguruan tinggi Indonesia.

Kebiasaan ini, menjadi ciri khas yang selalu melekat dalam prosesnya. Karena menjadi salah satu agenda akademik yang tak terpisahkan dan harus ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk meraih gelar kesarjanaannya.

Salah satu bentuk pengabdian masyarakat itu, berupa kegiatan kuliah kerja nyata yang pada pelaksanaannya melibatkan mahasiswa, dosen, masyarakat, pemerintahan dan universitas selaku penyelenggaranya.

Manfaat Pengabdian masyarakat melalui KKN Tematik sangatlah banyak dan besar sekali, tidak sedikit mahasiswa yang mendapatkan kebahagiaan tersendiri dan berbeda dari biasanya saat berbaur mengikuti pelaksanaan kegiatan ini.

Sifat dari pengabdian masyarakat adalah resmi karena memang melibatkan banyak lembaga dan memiliki nilai kebermanfaatan yang besar dari kegiatannya. Manfaat akan di dapat oleh semua unsur yang terkait dan ikut terlibat, seluruh stecholders maupun masyarakat luas.

Apakah manfaatnya hanya yang resmi-resmi saja?

Gambar 1 : Mahasiswa&DPL kelompok 3 desa Rancasalak (Dok. Pribadi).
Gambar 1 : Mahasiswa&DPL kelompok 3 desa Rancasalak (Dok. Pribadi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan