Mohon tunggu...
Annisa Hafis Cahyaningtyas
Annisa Hafis Cahyaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro

Hi, perkenalkan saya merupakan mahasiswa S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro angkatan 2018. Disini saya memiliki daya tarik terkait dunia politik, pemerintahan serta seni terkhusus dalam bidang tari.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Bukan Penghalang untuk Tetap Belajar dan Berkarya, Yuk Simak Bagaimana Caranya!

2 Agustus 2021   09:30 Diperbarui: 2 Agustus 2021   09:34 54 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Bukan Penghalang untuk Tetap Belajar dan Berkarya, Yuk Simak Bagaimana Caranya!
Gambar 1. Sosialisasi Pendidikan Dasar melalui Zoom Meeting (dokpri)

Surakarta, 01/08/2021 - Situasi pandemi pada saat sekarang ini mengharuskan untuk berputar otak agar tetap bertahan pada kehidupan. Hampir seluruh sektor berhenti karena mengharuskan untuk menjaga jarak dan tetap berada di dalam rumah guna pencegahan penularan covid-19. Sektor UMKM, dan sektor pendidikan merupakan dua sektor yang terdampak pada kondisi sekarang ini. 

Pada sektor pendidikan, murid sekolah dasar hingga pada bangku perkuliahan terpaksa harus menimba ilmu dari rumah yaitu pelaksanaan berbasis online. Sedangkan pada sektor usaha, situasi pandemi pada saat sekarang ini mengharuskan untuk berputar otak terkait kondisi kehidupan pada saat ini terkhusus pada pelaku UMKM. 

Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) merupakan salah satu sektor yang terdampak akibat adanya perubahan aturan dari pemerintah terkhusus pada aturan jam operasional buka usaha dan juga bidang -- bidang usaha apa saja yang boleh untuk dibuka

Salah satu mahasiswa KKN TIM II Undip Periode 2020/2021 membantu anak -- anak SMP & SMA di lingkungan KKN-nya dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan politik dasar pada anak SMP & SMA secara daring. 

Pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik dasar pada anak SMP & SMA dilakukan secara daring yang menggunakan fitur zoom meeting serta room chat Whatsapp mengingat kondisi lokasi KKN yang tidak memungkinkan. 

Namun dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini tidak menyurutkan semangat temen -- temen untuk tetap aktif mengikuti kegiatan mulai dari pra-pelaksanaan hingga pasca pelaksanaan. Kegiatan ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu pra-pelaksanaan dengan metode survey untuk mengali terlebih dulu sejauh mana kemampuan dan pengetahuan temen -- temen paham mengenai politik. 

Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sosialisasi dengan bantuan power point dan penjelasan tambahan., serta ditutup dengan kegiatan pasca pelaksanaan melalui pengisian link google form sebagai bentuk monitoring pemahaman terhadap materi yang disampaikan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja.

Sedangkan pada sektor UMKM, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yang berlokasi di kelurahan Nusukan , Kota Surakarta memberikan edukasi terkait pemanfaatan sosial media sebagai media pemasaran UMKM di tengah Pandemi Covid-19. 

Kegiatan edukasi terkait pemanfaatan sosial media sebagai media pemasaran hanya kepada 1 UMKM terpilih yang belum mengerti sama sekali terkait bagaimana sosial media itu berjalan, yaitu Naufal fried chicken. 

Kegiatan edukasi ini dimulai dengan survey kondisi selama pandemi yakni terkait bagaimana grafik penjualan hingga keuntungan yang didapat sebelum hingga pada pandemi ini terjadi. Tak hanya itu pada saat pelaksanaan survey juga dilakukan wawancara terkait kebutuhan apa saja yang dibutuhkan sebagai penunjang keberjalanan usaha. 

Setelah dilakukan survey tahap selanjutnya yaitu pemberian materi sosialisasi terkait pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran. Dalam sosialisasi secara online pelaku usaha beberapa kali sempat menanyakan terkait tips & cara untuk peningkatan omset serta meminta bantuan untuk pembuatan logo usaha

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x