Mohon tunggu...
Annisa Awaliya Rahmah
Annisa Awaliya Rahmah Mohon Tunggu... wellcome!

rain be pourin' sky keep fallin'

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembangunan yang Tidak Merata di Indonesia

18 Juni 2021   22:29 Diperbarui: 18 Juni 2021   22:44 24 2 0 Mohon Tunggu...

Pembangunan adalah semua proses perubahan yang dilakukan melalui upaya-upaya secara sadar dan terencana untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pembangunan yang berkeadilan dan demokratis serta dilaksanakan dengan cara yang bertahap, berkesinambungan, dan merata. Tetapi pada kenyataannya pembangunan di Indonesia masih jauh dari kemerataan yang diharapkan.

Sampai saat ini, pembangunan di Indonesia masih berkonsentrasi di daerah pusat kota saja, baik itu di ibu kota Negara ataupun di daerah yang berada disekitarnya.

Indonesia belum dapat memanfaatkan wilayah-wilayah daerah pedesaan yang memiliki potensi yang cukup besar untuk membantu membangun perekonomian Negara yang dikarena pembangunan yang tidak merata itu menyababkan kurang adanya pemanfaatan yang maksimal pada sumber-sumber daya dari daerah yang memiliki potensi ekonomi yang baik untuk jangka waktu ke depan.

Padahal salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan infrastuktur yang merata baik di Kota besar maupun dipelosok desa. Jika pembangunan sudah merata pada suatu desa, seperti transportasi tentu aktivitas perekonomian didesa tersebut dapat berjalan dengan baik

VIDEO PILIHAN