Mohon tunggu...
Annisa Awaliya Rahmah
Annisa Awaliya Rahmah Mohon Tunggu... wellcome!

rain be pourin' sky keep fallin'

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Self-Care di Masa Pandemi

16 Juni 2021   10:41 Diperbarui: 16 Juni 2021   10:44 89 1 0 Mohon Tunggu...

Awal tahun 2020 Indonesia digemparkan dengan adanya virus Covid-19. Sekitar awal Maret pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia. Namun, Pakar Epidomologi Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono menyebutkan, " Sejak awal Januari virus (SARS-CoV-2) itu sudah masuk ke Indonesia," menurut Pandu dalam diskusi daring pada Senin (4/5/2020). Covid-19 tidak hanya mengguncang Indonesia, tetapi juga mengguncang dunia. Akibat adanya Covid-19 di Indonesia ini, maka pemerintah menerapkan pandemi.

Pandemi Covid-19 di Indonesia ditetapkan pertama kali pada tanggal 9 april 2020. Pandemi ini mengharuskan seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan aktivitas di rumah saja. Segala aktivitas terpaksa diberhentikan agar berkurangnya penularan virus Covid-19 ini. Dan pandemi ini sangat berdampak kepada mereka yang terbiasa melakukan pekerjaan atau aktivitas di luar rumah.

Saat kita terbiasa melakukan aktivitas di luar dan tiba-tiba kita mengharuskannya melakukan di rumah, itu akan mengubah kebiasaan hidup kita. Ada beberapa orang yang mudah beradaptasi, namun ada juga yang tidak. Dan dengan berubahnya kebiasaan hidup kita, itu bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh dan pola pikir kita.

Lalu, bagaimana cara kita untuk menjaga kestabilan tubuh kita walau di rumah saja?. Kita harus menerapkan self-care di rumah. Beberapa orang yang kurang beradaptasi dengan pekerjaannya di rumah, menjadi lebih emosi dan membosankan karena di rumah saja, mungkin mereka kurang melakukan self-care. Lalu, bagaimana kita harus menerapkan self-care di rumah saja?. Berikut kita akan bahas pentinngya menerapkan self-care di masa pandemi.

Setiap manusia pada dasarnya harus menerapkan self care pada dirinya, tidak hanya bagi mereka yang sedang sakit tapi bagi mereka yang sehat pun harus menerapkan self care. Menjaga diri sendiri adalah keharusan kita sebagai manusia. Selayaknya seorang manusia yang telah diberi jiwa dan raga oleh Tuhan, maka kita harus menjaga dan merawatnya. Tidak hanya merawat raga kita, kita juga harus merawat jiwa kita, khususnya pada pandemi ini. Kesehatan jiwa atau kesehatan mental sangat berpengaruh pada kesehatan psikologis kita. Itulah mengapa kita harus menerapkan self care di masa pandemi ini

Menerapkan self care selama ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kehidupan. karena bersosialisasi manusia tetap akan menjadi hak individu jika mengatur masalah diri sendiri. Perawatan diri seperti skin care sudah masuk dalam pokok kehidupan. Yang kita akan dapatkan adalah kenyamanan bagi diri sendiri serta bisa menjadi contoh bagi yang lain agar tergugah menjaga diri demi kesadaran keamanan dan kesehatan diri sendiri.

Kita akan mengenal diri kita lebih dalam jika kita menerapkan self care sehingga dapat berpengaruh pada kualitas hidup kita yang lebih baik. Bukan terlalu egois jika kita terlalu peduli pada diri kita sendiri, tetapi meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat dibutuhkan tubuh untuk tetap menjadi pribadi yang positif dan produktif. Meluangkan waktu untuk melakukan perawatan diri dapat membantu kita mengurangi stres dan kekhawatiran lainnya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x