Mohon tunggu...
Annisa Rahmi
Annisa Rahmi Mohon Tunggu... Administrasi - Sedang berusaha menulis

Penulis yang sedang menulis artikel di ruang publik.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Pengalaman Memakai Jasa Cloud Computing TeraBox dan Dunia Cloud Computing Sekarang

31 Januari 2022   12:30 Diperbarui: 31 Januari 2022   12:31 1469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cloud Computing TeraBox. Sumber: Google Play

Tiga tahun bergelut dengan dunia online shop membuat saya belajar mengenai Cloud Computing. Kenapa jadi berpikir dengan Cloud Computing? Karena bisnis online shop saya sudah berkembang tentunya telah melakukan kerja sama promosi dengan fotografer dan influencer yang bertujuan untuk mempromosikan barang saya. Foto dan video dari produk-produk saya tersebut tentunya banyak memakan space atau ruang penyimpanan data.

Bayangkan jika satu foto produk yang diambil menggunakan kamera ponsel dengan menggunakan High Definition menghabiskan sekitar 4MB dan tentunya jika menggunakan kamera DSLR akan menghabiskan lebih dari 4MB hanya untuk satu foto produk saja sedangkan saya membutuhkan banyak foto produk. Sedangkan untuk harga Hard Disk Eksternal 160GB sekitar 200 ribu rupiah. Tentunya akan menguras kantong jika hanya untuk menyimpan foto-foto produk saya.

Sehingga saya mencari alternatif dan menemukan Cloud Computing bisa menjadi solusi hemat yang saya harapkan. Apa itu Cloud Computing? Jika diubah menjadi Bahasa Indonesia artinya adalah Penyimpanan Awan. Lho kok bisa ada kata awan? Kata awan di sini maksudnya adalah digital jadi bisa Cloud Cmputing adalah penyimpanan data atau file secara digital. Jadi, tidak perlu repot lagi untuk membeli Hard Disk Eksternal.

Saya kemudian mencari jasa Cloud Computing yang aman dan tentunya gratis. Alhamdulillah saya menemukan TeraBox karena menyediakan cloud computing gratis sampai 1TB loh. Jadi saya memutuskan memakai TeraBox tentunya saya bisa menghemat pengeluaran saya dan tidak perlu membeli hard disk eksternal lagi. Alokasi dana tersebut dapat saya alihkan untuk biaya keperluan lainnya.

Penulis: Annisa Rahmi


Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun