Mohon tunggu...
Annis Mahmudah
Annis Mahmudah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Public Health 2019 Universitas Sriwijaya

Penulis Pemula~

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

For you, Mahasiswa! Mari Sukseskan Vaksinasi dengan 3S: Sedia, Siap Aksi dan Share

13 Oktober 2021   17:20 Diperbarui: 13 Oktober 2021   17:29 79 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: pexels.com/Thirdman & Alena

Upaya pencegahan dan penanganan, terus ditingkatkan untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Indonesia. Salah satu program pencegahan yang saat ini sedang digalakkan adalah vaksinasi Covid-19. 

Banyak yang pro namun tidak sedikit pula yang kontra terhadap kegiatan tersebut. Namun, masyarakat Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi baik dalam menciptakan kekebalan komunitas terhadap virus Corona ini, terutama mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan). 

Mahasiswa bisa memberikan kontribusinya dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19. Kontribusi yang dapat diberikan mahasiswa yaitu dengan cara 3S (Sedia, Saling bantu dan Share).

Pertama, sedia. Langkah awal untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Indonesia adalah masyarakat memiliki kemauan untuk divaksin. Apalagi mahasiswa, sudah seharusnya kita, calon penerus bangsa, siap dan sedia menerima vaksinasi Covid-19. 

Jauhkan alasan takut, ragu, dan sebagainya bagi tenaga terdidik karena selagi itu bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, kenapa tidak?

Sumber foto : pexels.com/Gustavo Fring
Sumber foto : pexels.com/Gustavo Fring
Kedua, siap aksi. Sebagai mahasiswa sekaligus individu masyarakat, memberi dukungan terhadap proses vaksinasi Covid-19 untuk bisa berjalan dengan baik merupakan suatu kewajiban. 

Dengan mengikuti tahapan vaksinasi mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan vaksinasi, hal ini sudah membantu tenaga kesehatan untuk menjalankan tugasnya.

Lebih baik lagi jika mahasiswa turut serta memberikan sumbangsihnya dalam kegiatan vaksinasi, seperti yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa di Indonesia.  

Salah satunya oleh sekelompok mahasiswa dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sriwijaya (BEM KM UNSRI) yang berkolaborasi dengan Polrestabes Palembang, mulai Rabu (25/8/2021) s.d Minggu (29/8/2021).

Sumber foto : instagram.com/BEM KM UNSRI
Sumber foto : instagram.com/BEM KM UNSRI

Selain itu, aksi simpel yang bisa dilakukan mahasiswa yaitu mengajak  mahasiswa lainnya untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan segera. Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, pada kegiatan dialog mahasiswa dengan Mendikbudristek, Menteri Nadiem meminta mahasiswa penggerak untuk mengajak rekan mahasiswa lainnya mengikuti vaksinasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan