Mohon tunggu...
Anndini DwiPutri
Anndini DwiPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa

I love my self

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Wisuda Virtual, Sejarah Baru dalam Dunia Pendidikan

11 Juli 2020   22:30 Diperbarui: 11 Juli 2020   23:02 17 3 2 Mohon Tunggu...

Wisuda merupakan upacara peneguhan bagi seseorang yang telah menempuh jejang pendidikan, upacara bahwa kita telah menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar dengan hak dan kewajibannya artinya seseorang sudah lulus menempuh masa belajar pada universitas. 

Momen wisuda bagi seorang mahasiswa biasanya menjadi saat paling membahagiakan sekaligus mengharukan. 

Karena para mahasiswa bisa dengan bangga menunjukkan gelar yang telah dicapainya selama kuliah dan momen yang sangat mengharukan bagi setiap mahasiswa karena sebagai "perayaan" dalam perjuangan menempuh kerasnya bangku perkuliahan dengan berbagai macam rintangan, kesulitan, suka dan duka ketika menempuh gelar yang disandang.

Demi meraih mimpi dan membanggakan orang tersayang para mahasiswa tidak hanya rela menggunkan dan mengeluarkan tenaga, waktu, pikiran dan fisik mereka tetapi mereka juga mengeluarkan peluh keringat hingga air mata. Wisuda juga momen yang sangat ditunggu-tunggu karena itu semua akan segera berakhir dan digantikan dengan gelar yang akan disandang.

Namun sangat disayangkan, wisuda tahun 2020 berbeda dengan wisuda-wisuda sebelumnya, karena kita semua sedang berada dalam masa pandemi Covid-19. 

Bahkan sebutan "angkatan corona" sangat melekat bagi lulusan tahun 2020. Wisuda kali ini digelar dengan situasi dan cara yang sangat berbeda. 

Situasi pandemi saat ini memang tidaklah mudah untuk dihadapi dengan bebas. Untuk itu, masyarakat harus terbiasa dengan tata cara kehidupan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Terutama bagi para calon sarjana, mereka tetap bisa melakukan wisuda di masa pandemi ini. Ada beberapa cara meggelar wisuda dimasa pandemi saat ini. 

Salah satunya adalah wisuda virtual. Jadi wisuda ini disiarkan langsung secara daring menggunakan aplikasi diikuti wisudawan dari kediaman masing-masing. 

Prosesi wisuda dilaksanakan secara simbolis, ementara memindahkan tali toga yang biasanya dilakukan rektor digantikan oleh orang tua atau wali.Memang ketika melaksanakan wisuda virtual ada plus dan minusnya, plusnya adalah hanya bermodal laptop atau gawai dan kuota internet yang cukup, tidak se-repot wisuda pada biasanya seperti penggunaan pakaian, make up dan aksesoris lainnya. 

Karena semua pakaian yang digunakan akan tertutup dengan toga. Sedangkan minusnya adalah kurang terasa euforianya seperti foto bersama teman seperjuangan semasa kuliah, bertemu saudara dan keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN