Mohon tunggu...
Anna Sayyidah N
Anna Sayyidah N Mohon Tunggu... Guru - tidak ada salahnya mencoba hal baru yang baik

Mulai menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kapan Harus Memulai?

11 November 2021   17:20 Diperbarui: 11 November 2021   17:38 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Start!  sebuah kata yang mudah diucapkan tapi terasa sulit untuk dikerjakan, bagi sebagian orang dan termasuk saya. Kesulitan memulai merupakan suatu masalah yang pada akhirnya akan menyulitkan diri sendiri. 

Tidak jarang kesulitan memulai sesuatu membuat saya banyak menunda-nunda pekerjaan hingga terjebak dengan deadline yang membuat adrenalin saya terpacu dan akhirnya membuat saya bergerak untuk memulai, hal seperti ini merupakan siklus yang salah karena hanya akan membuat kita menjadi stress. 

Permasalahan kesulitan memulai sesuatu dalam psikologi dinamakan dengan task paralysis  yaitu suatu perasaan bingung untuk memulai suatu pekerjaan. Perasaan bingung ini dapat timbul dari beberapa hal, diantaranya:

Banyak pekerjaan, saking banyaknya pekerjaan yang harus kita selesaikan tidak jarang akan membuat kita bingung bagaimana menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan itu dan kita hanya sibuk memikirkan bagaimana cara menyelesaikannya tanpa cepat-cepat memulai pekerjaan itu, padahal sebenarnya memulai adalah cara terbaik untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Daftar pekerjaan yang tidak jelas, sebagian orang mungkin sering membuat catatan yan berisi daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi tidak jarang daftar itu hanya akan membuat kita tidak cepat memulai pekerjaan kita, karena daftar yang dibuat kurang spesifik dan jelas, untuk itu kita harus membuat daftar pekerjaan yang lebih jelas dan spesifik

Perfeksionis, biasanya seseorang yang memiliki sifat perfeksionis akan menunggu moodnya baik dan ingin mengerjakan perkerjaan tersebut dengan menunggu waktu yang tepat, padahal waktu yang paling tepat untuk mengerjakan sesuatu adalah sekarang juga.

Selain tiga hal diatas, hal lain yang membuat seseorang tidak cepat mulai melakukan sesuatu adalah rasa keraguan terhadap diri sendiri dan tidak percaya diri. 

Perasaan-perasaan ini juga yang kini sedang saya rasakan, saya tidak cepat memulai menulis karena banyak keraguan dan rasa tidak percaya diri apakah saya bisa menulis atau tidak. 

Tetapi saya ingat ada sebuah kata-kata yang bunyinya "Bisa karna terbiasa, terbiasa karena dipaksa"  oleh karna itu saya mulai memaksa diri saya untuk menulis agar menjadi terbiasa kemudian bisa. Jadi anda juga harus memaksa diri agar bisa cepat memulai sesuatu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun