Mohon tunggu...
Siska Dewi
Siska Dewi Mohon Tunggu... Administrasi - Count your blessings and be grateful

Previously freelance writer https://ajournalofblessings.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

KolaborAksi "Speak Up for Sustainability", Gerakan Gotong Royong Membangun Kesadaran tentang Keberlanjutan

18 September 2022   06:49 Diperbarui: 18 September 2022   06:52 297 93 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sekolah Tari Gigi Art of Dance mengampanyekan hidup anti-plastik melalui tarian Plastic Fantastic | sumber foto: dokumentasi Anindhaloka

Dalam meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan, Anindhaloka bersama Speak Up for Sustainability mengadakan Pameran Seni KolaborAksi, sebuah gerakan gotong royong untuk membangun kesadaran tentang keberlanjutan.

Anindhaloka hadir pada tahun 2020 sebagai Rumah Rahayu. Sebuah tempat berkumpul bagi individu, kelompok, atau komunitas untuk membangun kepedulian dan kesadaran yang menghubungkan pikiran-hati-tindakan.

Anindhaloka ingin mewujudkan ruang yang aman dan nyaman bagi para pengunjung untuk menjadi diri sendiri, sekaligus ruang aksi gotong royong yang mengajarkan bagaimana saling berbagi, membantu, mengingatkan, melayani, dan melengkapi dalam berjuang untuk menjalani hidup dengan bahagia.

Speak Up for Sustainability adalah wadah gerakan internasional bagi para desainer dalam memvisualisasikan pesan yang relevan dengan keadaan ekosistem keberlanjutan (people, planet, profit) sebagai bagian dari kampanye peran desainer dalam keberlanjutan melalui poster.

Gerakan ini bertujuan membangun integritas desainer terkait keberlanjutan, membangun jejaring desainer grafis lintas negara, dan menyuarakan pesan keberlanjutan pada khalayak. Speak Up for Sustainability menjadi wadah aspirasi para desainer lintas negara dalam merespons isu lingkungan dan keberlanjutan.

Untuk Pameran Seni KolaborAksi yang sedang berlangsung dari tanggal 14-24 September 2022,  Anindhaloka dan Speak Up for Sustainability menggandeng Bintaro District Design (BDD). Kegiatan ini diikuti oleh 50 desainer dari 8 negara, yakni Indonesia, Taiwan, Thailand, Ukraina, Vietnam, China, Mesir, dan Amerika.

Sebagian pengunjung pameran | sumber foto: dokumentasi Anindhaloka
Sebagian pengunjung pameran | sumber foto: dokumentasi Anindhaloka
Pameran Seni KolaborAksi 2022 mengusung tema “Berbagi Masa Depan”. Kegiatan ini resmi dibuka pada tanggal 14 September 2022 pukul 19.00 WIB bertempat di area Plataran, Anindhaloka.

Hastjarjo Boedi Wibowo, Project Coordinator International Poster Exhibition Speak up for Sustainability, dalam sambutannya mengatakan pihaknya mencoba merespons tema “Berbagi Masa Depan" dalam bentuk visual, gerak, musik, dialog, dan aksi sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap individu.

“Kami memang sengaja undang teman-teman desainer. Desainer yang kita undang itu, kita sudah tahu reputasi mereka. Jadi, bukan hanya karyanya, manusianya kita kurasi juga,” imbuhnya.

Beberapa poster yang dipamerkan | sumber foto: dokumentasi Anindhaloka
Beberapa poster yang dipamerkan | sumber foto: dokumentasi Anindhaloka
Dikatakan bahwa desainer berperan sangat besar dan bertanggung jawab terhadap masalah keberlanjutan. Desainer terlibat dalam segala lini, mulai dari penemuan, inovasi, hingga mengomunikasikan pesan produk dan mempersuasi konsumen untuk membeli produk.

Desainer dalam penciptaan produk tanpa dibarengi pemahaman terhadap aspek keberlanjutan hanya akan berkontribusi terhadap kerusakan alam yang akan membawa kesengsaraan bagi umat manusia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan