Mohon tunggu...
Anjar Candra Pramesti
Anjar Candra Pramesti Mohon Tunggu... Ilmu Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro'17

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Sediakan Tempat CTPS

10 Agustus 2020   17:40 Diperbarui: 10 Agustus 2020   21:27 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Sediakan Tempat CTPS
Fasilitas Cuci Tangan dari Mahasiswa untuk Lingkungan RT. 017 | dokpri

Duren Jaya, Bekasi Timur (10/08)- Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020 sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Meskipun kegiatan KKN tahun ini dilakukan di daerah tempat tinggal masing-masing, mahasiswa KKN tetap semangat melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pencegahan Covid-19 di daerah masing-masing.

Salah satu upaya mahasiswa dalam mencegah penyebaran Covid-19 yaitu, mahasiswa menginisiasi pembuatan fasilitas cuci tangan di lingkungan RT dan edukasi kepada warga agar memiliki pola hidup yang bersih dan sehat. Program ini dilatarbelakangi permasalahan yang terdapat di lingkungan RT. 017/RW. 017 yaitu belum terdapatnya fasilitas cuci tangan. Setelah pengadaan fasilitas cuci tangan ini diharapkan masyarakat dapat menumbuhkan kesadaran untuk menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Dengan menerapkan pola hidup seperti itu, masyarakat telah berupaya dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

dokpri
dokpri
Kegiatan program pengadaan fasilitas cuci tangan sudah dilaksanakan sejak tanggal 14 Juli 2020. Kegiatan ini dimulai dari pembelian alat dan bahan, membuat kerangka untuk menempatkan ember cuci tangan, pengecatan kerangka, pembuatan sabun, penempelan stiker cara cuci tangan yang baik dan benar, sosialisasi kepada masyarakat dan edukasi kepada anak anak.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Sosialisasi kepada warga tentang rajin cuci tangan ini dilakukan agar warga sadar akan hidup bersih dan sehat. Selain sosialisasi kepada warga, mahasiswa juga melakukan edukasi cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar kepada anak-anak. Karena pandemi seperti ini, dimana tidak dapat mengumpulkan banyak orang, maka dari itu kegiatan ini dimaksimalkan hanya 10 orang yang dapat mengikuti edukasi ini. “Dari program edukasi ini diharapkan anak-anak dapat mengerti bagaimana mencegah virus Covid-19 dan dapat menjaga kesehatan serta kebersihan diri dengan rajin cuci tangan pakai sabun” ujar Anjar, mahasiswa KKN Tim II UNDIP.

dokpri
dokpri
Oleh: Anjar Candra Pramesti/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/Universitas Diponegoro

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x