Mohon tunggu...
Veeramalla Anjaiah
Veeramalla Anjaiah Mohon Tunggu... Wartawan senior

Wartawan senior

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Indonesia Sangat Mendukung Integritas Teritorial Azerbaijan

27 Mei 2020   06:38 Diperbarui: 27 Mei 2020   06:37 143 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia Sangat Mendukung Integritas Teritorial Azerbaijan
Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia H.E. Mr. Jalal Mirzayev | Sumber: Kedutaan Besar Azerbaijan Jakarta

Pada tanggal 28 Mei, setiap tahun, orang-orang Azerbaijan di seluruh dunia merayakan Hari Nasional mereka dengan gembira. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Hari Nasional Azerbaijan dan hubungan dekat yang berkembang antara Indonesia dan Azerbaijan serta mengenai Nagorno-Karabakh, wartawan senior Veeramalla Anjaiah baru-baru ini mewawancarai Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia H.E. Mr. Jalal Mirzayev. Berikut ini adalah kutipan dari wawancara tersebut. 

Pertanyaan: Republik Azerbaijan memproklamasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada tanggal 30 Agustus 1991. Secara resmi, Republik Azerbaijan didirikan pada tanggal 18 Oktober 1991. Tetapi orang-orang Azerbaijan merayakan Hari Nasional mereka pada tanggal 28 Mei. Mengapa?

Jawaban: Azerbaijan, seperti Indonesia, adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim di Kaukasus Selatan. Setelah runtuhnya Kekaisaran Rusia selama Perang Dunia I, orang-orang Azerbaijan, untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, pada tanggal 28 Mei 1918, mendirikan Republik Demokratik Azerbaijan atau Azerbaijan Democratic Republic (ADR).

ADR adalah republik sekuler dan parlementer pertama di Timur Muslim. Republik demokratik yang memberikan perempuan hak untuk memilih, jauh sebelum Amerika Serikat dan beberapa negara Barat lainnya.

Sayangnya, ADR runtuh pada tahun 1920 ketika Uni Soviet menyerbu negara itu. Meskipun hanya eksis 23 bulan, ADR membentuk lembaga negara yang efektif dan menjamin hak-hak demokratis semua warga negaranya. ADR memiliki parlemen yang dipilih secara demokratis dengan beberapa partai politik. ADR memperoleh pengakuan internasional dan menjalin hubungan diplomatik dengan beberapa negara.

ADR menyadari pentingnya pendidikan. ADR mendirikan Universitas Negeri Baku dan memberikan beasiswa kepada ratusan pemuda Azerbaijan untuk belajar di universitas-universitas terkemuka di Eropa. Ia mendeklarasikan Azerbaijan sebagai bahasa resmi dan mengadopsi bendera tiga warna nasional serta lagu kebangsaan.

Azerbaijan adalah bagian dari Uni Soviet selama 71 tahun. Ketika Uni Soviet runtuh, kami menjadi mandiri lagi pada tahun 1991 untuk kedua kalinya dalam sejarah kami. Kami tidak pernah melupakan pengorbanan dan semangat demokratis pendiri ADR. Kami memutuskan untuk merayakan kelahiran ADR sebagai Hari Nasional kami pada tanggal 28 Mei setiap tahun.

Pemimpin nasional kami Heydar Aliyev bekerja keras untuk mengembangkan rasa identitas nasional di antara rakyat Azerbaijan dengan menghidupkan kembali ingatan sejarah dan budaya kita yang dalam, serta menanamkan keyakinan yang kuat untuk menjaga dan memperkuat kemandirian dan kenegaraan kita.

Hari ini, di bawah kepemimpinan Presiden kami Ilham Aliyev, Azerbaijan - sebagai negara yang merdeka, berdaulat, dan demokratis - mewujudkan aspirasi dan cita-cita Republik Demokratik Azerbaijan dengan manajemen, sosial-ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia yang baik dan efektif serta peran dan prestise yang berkembang di komunitas global.

Tahun ini kita merayakan peringatan ke-102 republik pertama kami. Karena pandemi COVID-19 dan jarak sosial, kami mengurangi perayaan Hari Nasional pada tanggal 28 Mei di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x