Mohon tunggu...
Anita Sulmawati
Anita Sulmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Kebonsari Sukodadi lamongan

Hobi Belajar hal yang baru, saya seorang yang ulet dan mau belajar untuk memperbaiki diri, semangat dan bisa menyesuaikan diri dengan mudah di tempat yang baru. Saya senang belajar hal baru untuk meningkatkan kompetensi saya dalam bidang pendidikan sesuai profesi saya sebagai seorang pendidik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penerapan Budaya Positif

17 September 2022   09:26 Diperbarui: 17 September 2022   09:27 196 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penerapan Budaya Positif di SD Negeri Kebonsari

Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan

Oleh:

Anita Sulmawati, S.Pd.SD

CGP Angkatan 5, Kelas 43

Kabupaten Lamongan

A. LATAR BELAKANG

Budaya positif pada hakekatnya adalah perwujudan nilai-nilai kebajikan universal yang diterapkan di sekolah. Budaya positif terbentuk dari karakter-karakter baik, karakter baik tumbuh dari kebiasaan-kebiasaan baik, dan kebiasaan baik bermula dari lingkungan yang positif, yaitu lingkungan yang terdiri dari warga sekolah yang saling mendukung, saling belajar, dan saling bekerja sama. Guru merupakan sosok yang paling bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan positif tersebut.

Untuk dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai filosofi Ki Hadjar Dewantara sebagai seorang guru, saya perlu menciptakan disiplin positif dilingkungan sekolah.

Untuk menerapkan budaya positif di kelas dan sekolah peran kita sebagai pemimpin pembelajaran sangat dibutuhkan. Sebagai pemimpin pembelajaran kita perlu berkolaborasi dengan seluruh elemen sekolah.

Untuk mewujudkan budaya positif dapat diawali dengan membuat keyakinan kelas bersama murid. Hal ini sejalan dengan filosofi Ki Hadjar  Dewantara mengenai merdeka belajar. untuk menjalankan keyakinan kelas kita perlu berada di posisi control manajer. Posisi kontrol manajer menjalankan  tahapan segitiga restitusi untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dialami murid. Hal ini sejalan dengan nilai guru penggerak berpihak pada murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan