Mohon tunggu...
Anita FitriyaniRumapea
Anita FitriyaniRumapea Mohon Tunggu... Mahasiswi

Seorang mahasiswi yang aktif dalam kegiatan sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Edukasi Literasi Kritis Anak, Menekan Penggunaan Gawai di Masa Pandemi

3 Februari 2021   08:43 Diperbarui: 3 Februari 2021   08:46 78 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Literasi Kritis Anak, Menekan Penggunaan Gawai di Masa Pandemi
Silalahi (kiri), Kepala Kelurahan Tuktuk Siadong bersama Anita Rumapea, mahasiswi Universitas Diponegoro (11/01/2021)

Tuktuk (26/01) -  Pandemi COVID-19 telah mempengarui banyak orang untuk lebih aktif dalam penggunaan seperti gawai khususnya pada anak-anak usia dini. Kepala Kelurahan Tuktuk Siadong Bapak Silalahi mengatakan, semenjak pandemi minat belajar anak menurun karena bergantung pada gawai, dibuktikan dengan taman bacaan masyarakat yang masih sangat sepi.

 "Orang tua juga kebingungan untuk mengajari anak-anak, sedangkan anak-anak lebih sibuk untuk menggunakan teknologi seperti handphone  atau komputer ", ujar Silalahi dalam wawancara bersama Lurah Tuktuk Siadong (11/01/2021)

Salah satu mahasiswi Universitas Diponegoro, Anita Fitriyani Rumapea, di bawah bimbingan Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum. yang tergabung dalam KKN Tim 1 20201 Universitas Diponegoro mengajak anak-anak usia 5-10 tahun yang tersebar di Kelurahan Tuktuk Siadong untuk aktif berliterasi melalui program Edukasi Literasi Kristis Anak. Hal ini didasarkan karena pandemi COVID-19 yang memberikan dampak di seluruh aspek kehidupan manusia, khususnya di bidang pendidikan. Proses kegiatan belajar mengajar menjadi terhambat dikarenakan harus dilakukan secara daring untuk meminimalisir penyebaran virus. Namun, sebagian masyarakat merasakan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring ini kurang efektif, khususnya bagi anak-anak di Kelurahan Tuktuk Siadong. Anak-anak lebih banyak mengahabiskan waktu bermain bersama gadget maupun personal computer. Seiring bertambahnya waktu, anak-anak semakin kehilangan minat untuk membaca buku secara langsung. 

Anak-anak Kelurahan Tuktuk Siadong (18/01/2021)
Anak-anak Kelurahan Tuktuk Siadong (18/01/2021)

Kegiatan ini bertujuan agar melalui edukasi literasi kritis kepada anak-anak diharapkan dapat meningkatkan minat anak-anak untuk membaca dan belajar, disamping menggunakan teknologi terus-menerus. Tidak hanya itu, dengan belajar dan membaca bersama teman-teman, anak-anak lebih bersemangat dan merasa nyaman.

Kepala Lurah dan petugas kesehatan setempat menghimbau agar pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Kita harus tetap melaksanakan protokol kesehatan, sehingga tidak ada hal buruk yang terjadi saat kegiatan ini berlangsung" ujar Silalahi saat memberikan arahan sebelum pelaksanaan edukasi pada Senin (18/01/2021)

Selain memberikan edukasi literasi, Anita juga memberikan edukasi pengetahuan kepada anak-anak, pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat selama pandemi COVID-19 melalui media video animasi.

Penulis : Anita Fitriyani Rumapea

VIDEO PILIHAN