Mohon tunggu...
Anisya NurLita Sari
Anisya NurLita Sari Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi di Universitas Pamulang Jurusan Sastra Indonesia

be your self :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mempertahankan Kedudukan Bahasa di Era Modern

12 Juli 2022   18:10 Diperbarui: 12 Juli 2022   18:14 97 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dokpri

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan, hal ini yang sebagaimana sudah dijelaskan bahwa "Bahasa negara ialah Bahasa Indonesia". Berperan sebagai pemersatu yang artinya bahasa masyarakat Indonesia dapat disatukan menjadi bahasa Indonesia, penetapan ini dicetuskan tepat pada 28 Oktober 1928. 

Bahasa Indonesia juga berperan penting dalam kehidupan sehari-hari karena selain bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi bangsa, bahasa Indonesia juga bisa digunakan untuk alat mengekspesikan diri, alat integrasi dan adaptasi sosial dan kontrol sosial. 

Di era modern saat ini bahasa Indonesia sedikit demi sedikit sudah tercemar, misalnya saja dengan tercemarnya bahasa Indonesia dikalangan masyarakat saat ini adalah mencampurkan bahasa dengan Indonesia dengan bahasa asing. 

Maka dari itu jika bahasa Indonesia dilestarikan dengan baik maka bahasa Indonesia akan tetap bertahan dengan adanya. Jika terus menerus tidak dikendalikan bahasa Indonesia akan berdampak yang buruk untuk masyarakat Indonesia itu sendiri. 

Hal yang dapat kita lestarikan untuk mempertahankan bahasa Indonesia yaitu sebagai masyarakat asli Indonesia harus memperkenalkan bahasa Indonesia itu sendiri kepada kalangan muda saat ini yang mana mereka kurang peduli terhadap bahasa asli Indonesia, banyak dari mereka yang mencampuradukkan bahasa Indonesia dengan bahasa asing karena ingin dilihat diakui keren. 

Menggunakan bahasa Indonesia di internasional, misal dengan mengadakan rapat antar negara kita seharusnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena selain memperkenalkan bahasa juga bisa membuat masyarakat dari negara lain tertarik belajar bahasa Indonesia yang kaya dengan bahasa juga unik dan berbagai. 

Untuk mempertahankan kedudukan bahasa Indonesia di era modern ini, kita sebagai masyarakat Indonesia harus menanamkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia, ada baiknya kita lebih mengutamakan berbahasa Indonesia daripada berbahasa asing. Supaya bahasa Indonesia yang sudah menjadi bahasa persatuan ini tidak tergantikan oleh bahasa asing. 

-Salam Sastra-

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan