Mohon tunggu...
Hidayah BudiQurani
Hidayah BudiQurani Mohon Tunggu... Anisoe

Librocubicularist Penggemar Es Teh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang Ajak Milenial untuk Cegah Covid-19 melalui Lomba Mendongeng

7 Juni 2021   15:29 Diperbarui: 7 Juni 2021   15:33 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang Ajak Milenial untuk Cegah Covid-19 melalui Lomba Mendongeng
(Gambar: Dokumentasi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMM)

Malang-Pandemi Covid-19 sudah satu tahun ini melanda Indonesia. Banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan gerakan 3M, Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menghindari kerumunan. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung kebijakan pemerintah, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMM mengajak milenial untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui lomba mendongeng bertajuk Pesan Milenial di Masa Pandemi.

Tema yang diangkat pada lomba mendongeng ini bertujuan agar generasi milenial mempunyai andil untuk memberikan literasi kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan.  Lomba ini diikuti oleh siswa SMA/Sederajat kelas XI dan XII di seluruh Indonesia. Antusias peserta sangat tinggi, hal itu terbukti peserta yang mengikuti lomba berasal dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Diantaranya, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, dan Sulawesi.

Lomba mendongeng yang diadakan oleh Prodi Bahasa Indonesia fokus pada literasi digital. Prodi mengemas lomba berupa video mendongeng berdurasi maksimal tiga menit dan diungah ke youtube prodi. Selain penilaian yang dilakukan oleh dewan juri, pemenang favorit dipilih berdasarkan like dan view dari warganet. Hal itu juga bertujuan agar video dapat dinikmati dan dilihat oleh masyarakat sehingga pesan dapat tersampaikan.

Mitha Saharni juara 1 lomba mendongeng dari SMA 1 kalitidu, Bojonegoro, memaparkan bahwa ia sangat antusiasi dalam mengikuti lomba mendongeng karena memang sejak SD sudah mengikuti perlombaan dongeng. Selain itu, Mitha juga menuturkan bahwa melalui dongeng, ia dapat masuk ke dalam cerita dan memberikan pesan moral untuk membuat penonton.

Melalui dongeng dengan berbagai cerita dan genre yang disampaikan secara menarik dan kreatif akan lebih mengena dan membekas dalam ingatan masyarakat. Sehingga, pesan yang disampaikan akan dapat diterapkan pada kehidupan mereka, terutama pada saat pandemi ini. Mitha juga berharap, akan ada lomba-lomba menarik lainnya yang dapat meningkatkan kreativitas siswa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x