Mohon tunggu...
Anisha Desy
Anisha Desy Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

hidup adalah milik kita, bukan milik orang lain

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Sederhana tetapi Bermanfaat

22 Desember 2014   19:23 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:42 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era modern seperti ini tentu internet menjadi kebutuhan primer setiap orang. Bukan tak mungkin, perkembangan zaman telah merevolusi kehidupan. Setiap orang butuh berkomunikasi, butuh mendapatkan informasi, dan butuh jangkauan luas. Internetlah jawabannya. Dengan fakta tersebut hampir setiap provider selalu menawarkan paket internet yang menggiurkan. Tapi entah mengapa sampai saat internet masih mahal untuk saya. Makanya jika ada tawaran internet gratis selama satu tahun tentunya saya sangat berminat. Sesuai dengan kebutuhan saya sebagai seorang pelajar, tentunya saya sangat membutuhkannya.
Jika saya mendapatkan internet gratis selama satu tahun, saya akan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang bermanfaat untuk diri saya sendiri, keluarga, teman, atau orang-orang di sekitar saya. Inilah manfaat yang saya peroleh jika mendapat internet gratis :
1. Memenuhi kebutuhan browsing
Saya adalah siswa SMA yang saat ini duduk di bangku kelas 3. Tentu saya sangat membutuhkan internet setiap hari. Saya perlu browsing atau mendownload soal-soal latihan ujian atau soal-soal masuk perguruan tinggi. Selain itu saya juga bisa mencari informasi universitas dan jurusan yang tepat untuk saya. Jka tidak ada internet saya akan kewalahan untuk mencari info-info penting tersebut. Saya juga memerlukan internet untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga saya.
2. Membantu Ibu dalam pekerjaannya
Ibu saya berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil atau spesialisasinya sebagai guru taman kanak-kanak (TK). Menunjang program kurikulum terbaru dari pemerintah, saat ini setiap tenaga pengajar harus memiliki jaringan internet. Mengapa? Karena pemerintah telah mengupayakan modernisasi hasil pembelajran dengan menggunakan evaluasi pembelajaran atau rapor secara online. Setiap hasil pembelajaran berupa nilai harus dilaporkan ke pusat secara berkala melalui online. Maka dari itu jika saya mendapatkan paket internet gratis saya akan membantu ibu saya dalam menyelesaikan tugasnya untuk negara. Sehingga ibu saya dapat turut mendukung program pemerintah terbaru. Selain memenuhi kebutuhan internet untuk saya sendiri, saya juga bisa mengabdi kepada ibu saya dengan membantunya meringankan pekerjaannya.
3. Membantu memenuhi hobi menulis
Saya memiliki cita-cita menjadi seorang penulis besar. Menulis tentunya membutuhkan referensi-referensi baik dari buku atau internet. Tentunya saja juga harus membutuhkan internet setiap hari. Saya harus memenuhi kajian dengan membeli buku secara online, atau browsing informasi dari internet. Selain mencari referensi, saya juga perlu menggunakan internet untuk menyalurkan tulisan-tulisan saya ke media. Saya menggunakan internet untuk mempromosikan tulisan-tulisan yang sudah saya buat.
4. Menyalurkan aspirasi yang tertunda
Sebagai anak muda saya suka memepelajari mengenai masalah sosial. Saya memilki hobi untuk meneliti dan mengamati masalah-masalah sosial di sekitar saya. Saya selalu mendapati orang-orang yang berada di lapisan masyarakat bawah selalu tidak mendapat kesempatan untuk menyuarakan aspirasinya. Untuk itu saya memilki cita-cita untuk menggunakan internet sebagai media untuk menyalurkan aspirasi mereka. Saya memilki gagasan untuk membuka sebuah forum atau komunitas di dunia maya. Nantinya forum itu yang akan menampung aspirasi masyarakat. Langkah selanjutnya adalah mengusahakan agar aspirasi tersebut didengar oleh petinggi negara. Mungkin bisa melalui media sosial milik para pemimpin negara atau melalui jaringan-jaringan LSM yang ada di seluruh Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun