Mohon tunggu...
Anisa Deasty Malela
Anisa Deasty Malela Mohon Tunggu... Blogger yang aktif menulis dan menyukai banyak kegiatan positif

Danone Blogger Academy Batch 1 |Lifestyle| Content Writer | 085781068275 | anisa_dee007@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Pindah Ibu Kota Negara, Akankah Indonesia Jadi Lebih Baik?

11 Juli 2019   08:32 Diperbarui: 11 Juli 2019   09:26 98 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pindah Ibu Kota Negara, Akankah Indonesia Jadi Lebih Baik?
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro ungkapkan Indonesia sudah siap untuk melakukan pemindahan Ibu Kota (dok. FMB9)

Selamat pagi kompasianer, beberapa tahun terakhir santer terdengar berita mengenai wacana pemidahan Ibu Kota Negara Indonesia, Jakarta dianggap sudah tidak mampu menanggung beban laju pertumbuhan penduduk dan urbanisasi. Selain itu Jakarta sudah semakin macet dari hari ke hari, banyak kegiatan perekonomian dan pemerintahan yang terhambat akibatnya. 

Pemerintah berencana untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah lain di luar Jawa. Untuk mendukung pemindahan ibu kota ini, pemerintah menyiapkan standar kota untuk menjadi pengganti Jakarta. 

Kenapa harus di luar pulau Jawa? Karena pulau Jawa sudah terlampau padat penduduknya, selain itu juga terlalu rawan bencana. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, "Standar ibu kota yang baik yaitu kota yang mampu memenuhi kebutuhan dasar penduduknya".

Pulau Kalimantan menjadi kandidat utama sebagai wilayah pemindahan Ibu Kota Negara, karena berdasarkan peta bencana merupakan wilayah yang jarang mengalami terjadi bencana alam, sehingga dianggap cocok sebagai pengganti Jakarta.

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia bukanlah hal yang baru, bahkan sudah pernah diajukan sejak pemerintahan Presiden Soekarno. Saat ini, Presiden Joko Widodo benar-benar tak ingin hanya menjadi wacana, tetapi konkret dilakukan. Hal ini bertujuan agar tidak semakin tinggi tingkat ketimpangan di bidang pembangunan, ekonomi dan sosial antara pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Seperti kita ketahui kompasianer, 20 persen ekonomi Indonesia ada di Jakarta dan sekitarnya. Nah, kalau kita terus membiarkan ini berkelanjutan tanpa ada upaya yang serius, maka ketimpangan akan semakin parah. Pemindahan ibu kota akan menjadi solusi dan cara terbaik yang dapat dilakukan pemerintah.

Pindah Ibukota Negara : Belajar dari Pengalaman Negara Sahabat


Sudah banyak contoh negara sahabat yang sukses dalam melakukan pemindahan ibu kota negara, sejumlah negara seperti Brazil, Australia, Malaysia, Jepang, Inggris,Rusia, Pakistan,Tanzania, dan Kazakhstan melakukan pemindahan ibu kota dan mengalami banyak kemajuan setelahnya.

Pemindahan Ibu Kota Negara Bukanlah Hal Baru (dok. FMB9)
Pemindahan Ibu Kota Negara Bukanlah Hal Baru (dok. FMB9)

Indonesia belajar dari negara Brazil yang melakukan pemindahan ibu kota Brazil dari Rio de Janeiro ke Brasilia, ide awalnya adalah untuk lakukan penyebaran populasi masyarakat Brazil agar menjadi lebih imbang, namun seiring berjalannya waktu, penyebaran perekonomian dan pariwisata membuat Brazil lebih maju.

Pemindahan Ibu Kota Negara bukan hal baru, namun karena Indonesia yang merupakan negara kepulauan, wacana ini menjadi sedikit sulit dilakukan. Dengan terlaksananya pemindahan (ibu kota baru) diharapkan akan banyak sentra-sentra ekonomi baru dan akan muncul kota-kota satelit disekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x