Mohon tunggu...
Anisa Fauzia azahra
Anisa Fauzia azahra Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Ide Usaha Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan

24 Oktober 2022   12:10 Diperbarui: 24 Oktober 2022   13:18 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Ide usaha sampingan ini cocok untuk mereka yang mungkin memiliki gaji yang kecil, tetapi sebenarnya banyak dari mereka yang memiliki banyak waktu luang. Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak memanfaatkan waktu luangnya secara optimal dan tidak mengubahnya menjadi uang

Sebenarnya, waktu luang ini memiliki banyak peluang untuk menjalankan bisnis sampingan yang dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan lho atau mungkin, sebagai rencana keuangan jangka panjang. 

1. Laundry kiloan 

Di dunia yang serba praktis sekarang ini, masih banyak yang berpikiran "Lebih baik pergi ke laundry daripada membuang-buang waktu untuk pencuci sendiri" Oleh karena itu, ide membuka toko cucian kiloan sangat populer.

Pelaku usaha di bidang ini juga mulai menjamur, terutama di daerah yang dekat dengan kampus dan perkantoran. Harga juga akan kompetitif, karena semakin banyak pemain yang masuk, persaingan akan semakin ketat.

Semudah itukah membuka cucian? Sebenarnya ya, tapi untuk bisa sukses di bisnis ini, Anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pangsa pasar. Tempat dengan banyak mahasiswa dan perumahan padat penduduk adalah tempat terbaik untuk membuka bisnis.

Berapa kira kira modal yang dibutuhkan? Bisnis ini bisa dimulai dengan modal hanya Rp 7,5 juta. Setengah dari uang itu dihabiskan untuk mesin cuci otomatis dengan bak mandi dan pengering. Setengahnya lagi akan digunakan untuk membeli alat bantu seperti timbangan, plastik dan setrika, serta membayar gaji karyawan.

2. Desain Grafis

Bisnis sampingan ini cocok untuk karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Selain pekerjaan utama Anda, Anda dapat melayani kerabat Anda dan melalui beberapa pasar. Layanan desain kami yang paling didambakan adalah kartu nama, logo, pakaian, maskot, poster, stand pameran dan desain interior.

3. Bisnis titip barang

Bisnis titip barang bisa dibilang sangat menguntungkan, kamu bisa membelikan barang titipan request dari pelanggan dengan keuntungan yang lumayan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun