Mohon tunggu...
M Angky Jatsa
M Angky Jatsa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Art

Bandung, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Digital sebagai Strategi Pemasaran di Tengah PPKM Darurat ala Jika Milkbar

26 Juli 2021   23:37 Diperbarui: 26 Juli 2021   23:44 42 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Digital sebagai Strategi Pemasaran di Tengah PPKM Darurat ala Jika Milkbar
Jika Milkbar, Cibeber, Cimahi Selatan, Kota Cimahi/dokpri

Pada awal bulan Juli 2021, Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan program KKN Tematik membangun desa melalui bidang pendidikan dan ekonomi gelombang pertama. Seperti yang kita semua ketahui bahwa pada tanggal 3-25 Juli 2021 pemerintah menerapkan PPKM Darurat guna menekan trend positif Covid-19 varian delta di Indonesia. Namun dengan demikian bagaimanakah nasib dari pemilik UMKM cafe selama PPKM darurat ini diselenggarakan?

Selain jumlah kunjungan yang sangat dibatasi, jam operasional pun maksimal hanya sampai jam 20.00. Dengan demikian pihak cafe tentunya membutuhkan strategi pemasaran lain untuk mensiasati program PPKM darurat ini demi tetap eksis dan menarik konsumen khususnya yang sedang melaksanakan PPKM darurat dirumah.

Strategi pemasaran yang inovatif dengan memanfaatkan media digital merupakan hal yang mendasar untuk diterapkan agar cafe bisa tetap eksis di kalangan masyarakat dan konsumen di tengah PPKM darurat ini. Berikut beberapa rekomendasi strategi pemasaran selama masa PPKM darurat yang digunakan cafe yang terletak di Cibeber, Cimahi Selatan yaitu “Jika Milkbar”.

  • Promo untuk konsumen di rumah

Kemudahan pemesanan di berbagai layanan pesan antar tentu sangat membantu konsumen di saat hendak memesan makanan atau minuman di saat PPKM darurat sedang berlangsung.

Dengan membuat program promo untuk konsumen yang memesan makanan atau minuman take away tentunya dapat menarik minat konsumen untuk memesan makanan atau minuman secara take away dibanding makan ditempat. Dengan demikian program tersebut secara tidak langsung dapat menekan angka konsumen yang dine in di masa PPKM Darurat ini.

  • Membuat cerita tentang tim yang tetap bersemangat ditengah PPKM darurat ini

Menceritakan bagaimana para staf cafe tetap bersemangat melayani pesanan dari para konsumen dirumah. Program Jika Milkbar tersebut dapat menjadi konten menarik yang bisa dibagikan kepada pengikut setia Jika Milkbar di media sosial.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School and The University of California, San Diego mengungkapkan bahwa kebahagiaan itu bersifat kolektif dan dapat menular.

Dengan demikian, konten tersebut sangatlah baik sebagai media berinteraksi dengan konsumen di media sosial.

  • Konten interaktif melalui fitur live di media sosial

Memastikan untuk tetap berada di hati konsumen selama masa PPKM darurat ini tentunya jadi hal yang sangat penting untuk dicapai oleh pemilik cafe. Lewat pemanfaatan teknologi, kita bisa membuat konten interaktif seperti halnya yang dilakukan Jika Milkbar yaitu berbagi tips dan trik seputar dunia kuliner yang dibagikan secara live melalui akun media sosialnya.

Interaksi dengan konsumen inilah yang menjadi kunci mendapatkan loyalitas konsumen di masa PPKM darurat ini. Lewat konten interaktif ini, pihak cafe tetap bisa berinteraksi secara online dengan konsumen serta mendapatkan feedback dari mereka untuk meningkatkan kualitas cafe.

.

.

Nama : M. Angky Jatsa Gianitheri

NIM : 1805488

DPL : Dr. Cik Suabuana, M.Pd

Kelompok KKN Tematik 66

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN