Mohon tunggu...
Anggi Yumika
Anggi Yumika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jaring-jaring Keyakinan Agama Hindu pada Penjelmaan Berulang (Punarbhawa)

30 November 2022   07:04 Diperbarui: 30 November 2022   07:23 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam agama Hindu, reinkarnasi atau kelahiran kembali dipercaya sepenuhnya karena reinkarnasi adalah bagian dari lima keyakinan inti umat Hindu, yaitu kepercayaan kepada Tuhan (Brahman/Hyang Widhi), kepercayaan pada Atman, kepercayaan pada Hukum Karmaphala, kepercayaan pada Keberadaan tentang Punarbhawa atau Reinkarnasi atau Samsara dan keyakinan dalam moksha. Reinkarnasi disebut Punarbhava dalam bahasa Sansekerta. Punar berarti "kembali" sedangkan bhawa berarti penjelmaan. Jadi Punarbhawa berarti kelahiran kembali yang berulang atau yang disebut juga reinkarnasi, reinkarnasi disebut juga samsara. Ayat-ayat yang membenarkan reinkarnasi dalam agama Hindu adalah sebagai berikut:

"Sungguh telah lama dikatakan bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan Yajna dan berkata (sehingga) agar kamu makmur seperti sapi perah, keinginanmu (sendiri) akan terpenuhi" (Bhagawad Gita 3:10).

"Ini seperti seseorang melepas pakaian lama dan mengenakan yang baru. Demikian pula, Jivatman meninggalkan badan lamanya dan memasuki badan baru" (Bhagawad Gita 2:22) 

Paparan ayat diatas secara tegas menggambarkan bahwa, ajaran Hindu memiliki etika hidup yang menyatakan bahwa dunia ini diciptakan oleh Tuhan. Sebagai makhluk bermoral, kita harus berjuang. Menurut agama Hindu, keselamatan adalah kekudusan pribadi. Menyelamatkan nyawa umat awam dan bhikkhu itu tidak sama dan banyak hubungannya dengan kelahiran berikutnya,
orang biasa yang menginginkan kelahiran kembali berikutnya dapat dilahirkan daripada biksu, sementara biksu berharap untuk membesarkan lebih banyak orang akan meningkat menjadi lebih mulia pada kelahiran berikutnya. Ini adalah sistem yang harus hidup dalam setiap kehidupan Hindu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun