Mohon tunggu...
Sri Nararia Anggita Damayanti
Sri Nararia Anggita Damayanti Mohon Tunggu... -

One of SA Choir (Voix de la Nation) members; Sedang dalam proses bimbingan untuk menulis*

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

"Restart", Semua Orang Pernah Patah Hati

21 Februari 2018   19:47 Diperbarui: 24 Februari 2018   09:14 975
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

 

Restart: novel karya Nina Ardianti yang terbit pertama kali terbit pada tahun 2013. Sebelumnya sudah banyak novel yang Nina tulis, tapi, Restart memberikan pengalaman lain yang akan  membuat pembacanya menjadi senyum senyum sendiri. Novel Restart ini sebenarnya menceritakan tentang seorang wanita yang awalnya gagal move on dari mantan kekasihnya. Perjuangannya untuk bisa bangkit kembali dari jurang pengkhianatan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mulai dari hal-hal kecil seperti tidak menerima telepon, pesan, bunga, ataupun barang lain yang diberikan oleh sang mantan kekasih sampai dengan usaha melarikan diri dengan pergi berlibur sekaligus menyelesaikan urusan pekerjaan ke luar negeri. Itu semua dilakukannya dengan tujuan agar ia dapat melupakan mantan kekasihnya tersebut. Sampai pada akhirnya wanita tersebut menemukan hal baru yang ternyata pada kenyataannya dapat membantunya menghadapi masa lalunya.

Novel yang ditulis oleh Nina Ardianti ini bertema romansa. Memang, sudah tidak terhitung jumlah penulis yang menciptakan novelnya dengan kisah romansa. Kejadiannya pun berdasarkan pada kejadian yang banyak dialami seseorang yang mulai beranjak dewasa pada umumnya. Namun, perbedaannya ada pada latar belakang tokoh yang tidak dapat ditebak asalnya. Nina yang menjadikan Syiana sebagai tokoh utama dalam novel ini, memberikan sudut pandang orang pertama sebagai tokoh. Nina pastinya menggambarkan Syiana sebagai 'aku' dalam setiap ceritanya. Memiliki kekuasaan penuh dalam alur cerita yang dibuat dengan sedemikian rupa.

Dan jika kita dalami lagi, ternyata tokoh Syiana sendiri memiliki kesamaan dengan Nina sebagai penulis novel tersebut. Berdasarkan ilmu cocoklogi yang saya gunakan, dalam novel, Syiana dijelaskan sebagai seorang banker di salah satu bank ternama di Jakarta. kemudian pada dunia nyata, ternyata Nina Andriani sendiri juga merupakan seorang Assistant Vice President di salah satu bank ternama di Jakarta juga. Begitu juga halnya dengan Tokoh Febrian. Dalam novel, dijelaskan bahwa Tokoh Febrian memiliki gelar MBA atau Master of Business Administration. Lagi-lagi, ternyata gelar MBA tersebut ternyata dimiliki Nina Ardianti sebagai penulis novel tersebut. Beberapa artikel juga menyebutkan bahwa ternyata kisah asmara Nina Ardianti tidak sepenuhnya berjalan mulus. Namun pada akhirnya, Nina menikah dengan seorang laki-laki yang berhasil membuat dirinya jatuh cinta. Nah, hal ini pun juga terjadi pada sosok Syiana yang dihadirkan dalam Novel Restart ini. Dari awal yang mmengalami berbagai macam sakit hati hingga menemukan belahan jiwa yang baru pada sosok Febrian. Selain dari itu semua, ternyata masih ada beberapa hal dalam kehidupan Nina yang mempengaruhi jalannya Novel Restart ini. Seperti contohnya, bagian dimana keluarga Fedrian mengajak Syiana hanya untuk menonton pertandingan sepak bola di stadion yang sudah sering mereka lakukan. Ternyata pada kehidupan nyata, Suami Nina lah yang serring mengajak pergi untuk menonton pertandingan sepak bola pada stadion sepak bola klub kota tersebut setiap kali ia berkunjung ke suatu kota atau negara. Kemudian, setelah saya telusuri lebih dalam lagi, latar belakang Fedrian sebagai seorang musisi tidak lepas kenyataannya bahwa sebenarnya ketika dalam proses penulisan novel ini, Nina terinspirasi dari lagu-lagu milik grup band bernama Keane yang menjadi soundtrack ketika Nina menulis Restart dan beberapa novel lainnya. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa ternyata penulis memiliki banyak kesamaan dan pengaruh yang diberikan terhadap beberapa tokoh dan bagian pada novel tersebut.  

Membahas tentang alur sebuah cerita, jika dibaca dengan baik, kita dapat langsung tahu bahwa novel ini menunjukkan alur campuran atau flashback. Hal ini dapat dilihat dari beberapa bagian yang menceritakan mengapa dan bagaimana Syiana bisa patah hati, bagaimana Syiana menjadi seseorang yang perfeksionis, dan mengapa seorang Syiana menjadi seseorang yang sangat membenci pengkhinatan apalagi perselingkuhan.  

 Tiga minggu yang lalu ..."Bahkan hubungan yang sempurna pun ... ". Hal. 16

Syiana-perempuan itu gagal move on itu. Ia merupakan seorang banker di sebuah bank ternama di Jakarta. Syiana digambarkan sebagai orang yang acuh tak acuh, sarkastik, dan perfeksionis. Syiana menciptakan karakter seorang wanita yang bebas, tapi, punya pendirian yang sangat teguh.

"Aku menatap gelas besar Erdinger di hadapanku, lalu beralih ke sepiring besar nachos yang aku nggak tahu kenapa aku memesannya. perlahan aku merah gelas dan menyesap cairan bening kekuningan itu. ... Forget my promise to stay sober. Tonight is the exception." (Hal. 26) padahal pada halaman lain mengatakan, "Tolong ingatkan aku kapan terakhir kali aku minum air yang mengandung alkohol? malam tahum baru 2 tahun lalu. ...". itu menandakan bahwa Syiana tidak meminum bir lagi selama 2 tahun terakhir.

"Terserahlah kalau itu buat lo bahagia, Dyt." Aku menjawab asal dan mengucapkan salam perpisahan lalu mematikan telfon. Hal. 34

Lalu dimana bagian Syiana menyatakan bahwa dirinya begitu membenci perselingkuhan? Kita dapat menemukannya pada Halaman 27,

"..., rasanya agak sulit introspeksi bahwa ada bagian diriku yang mungkin memiliki kesalahan sehingga keadaannya sekarang seperti ini. ...  Tapi di atas segalanya, satu hal yang nggak akan aku pernah maafkan dari pasanganku: kalau dia selingkuh.".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun