Mohon tunggu...
Anggi Paramesthi
Anggi Paramesthi Mohon Tunggu... Mahasiswa - anggiparamesthi

simple

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemberian Layanan Informasi tentang Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir di Tengah Pandemi

17 Agustus 2021   16:00 Diperbarui: 17 Agustus 2021   16:03 89 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ditengah-tengah pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih berlangsung, mencuci tangan dengan menggunakan sabun sangatlah perlu untuk dilakukan. Terutama bagi anak-anak yang sedang berada pada masa ‘senang bermain’ dengan teman sebayanya. Akan tetapi, ternyata masih banyak anak-anak yang belum memiliki kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. 

Hal tersebut juga terjadi pada anak-anak di Desa Sewurejo, yang mana mereka belum memiliki kesadaran untuk mencuci tangan setelah melakukan kegiatan atau sepulang dari bermain dengan teman-temannya. 

Menurut penuturan salah satu anak, dia mengatakan bahwa seringkali lupa atau malas untuk mencuci tangan. Padahal mereka sebenarnya juga menyadari bahwa saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir. Ini berarti kesadaran mereka tentang kesehatan dan kebersihan diri masih kurang.

Dari kejadian diatas, membuat salah satu mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Slamet Riyadi Surakarta  bernama Anggi Paramesthi, yang saat ini sedang melaksanakan KKN-T (Kuliah Kerja Nyata-Tematik) di Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, memutuskan untuk memberikan sebuah layanan informasi kepada anak-anak di Desa Sewurejo mengenai pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Prayitno (2004) layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki. Layanan informasi merupakan suatu layanan dalam Bimbingan dan Konseling yang berupaya memenuhi kekurangan individu akan informasi yang mereka perlukan. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak di Desa Sewurejo tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ditengah pandemi ini. 

Bukan hanya itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan  kesadaran anak-anak di Desa Sewurejo tentang pentingnya mencuci tangan dan nantinya anak-anak dapat mengajarkan kepada anggota keluarganya yang lain atau mengingatkan temannya untuk mencuci tangan ketika selesai bermain atau akan makan.

dokpri
dokpri

Pemberian layanan informasi tentang pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 11 Agustus 2021, yang bertempat di Gedung Lumbung Sewu Desa Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar. Kegiatan tersebut diakhiri dengan paktek cara mencuci tangan yang baik dan benar, yang dipandu dan dibimbing langsung oleh Anggi Paramesthi. 

Saat kegiatan ini berlangsung, anak-anak di Desa Sewurejo mengikuti dengan sangat baik dan mereka juga sudah bisa mencuci tangan dengan baik dan benar. Semoga melalui kegiatan ini, dapat memberikan  pemahaman baru dan mengembangkan perilaku positif pada diri individu bagi anak-anak di Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan