Mohon tunggu...
Anggi Rahayu Setyawan
Anggi Rahayu Setyawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pribadi

Universitas Muhammadiyah Magelang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Gara-gara Bola, Siswa SD di Bekasi Terkena Bullying oleh Siswa SMP

21 Januari 2022   06:45 Diperbarui: 21 Januari 2022   06:50 1028 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di negara Indonesia ini banyak sekali tindak kekerasan antar sesama salah satunya yaitu bullying. Bullying sendiri adalah suatu tindakan kekerasan fisik ataupun mental yang mana ada satu orang atau lebih yang melakukan penyelenggaraan atau mengancam orang lain.

Perilaku tersebut biasa terjadi di lingkungan sekolah dan umumnya menimpa anak anak serta remaja yang mempunyai fisik lemah dari teman sebanyanya. Upaya penanggulangan kasus tersebut telah di lakukan dengan berbagai cara untuk membentuk karakter. 

Peran dari orang tua dan juga guru juga sangat berpengaruh untuk mengajarkan siswa bahwa bullying itu tidak boleh di lakukan. Orang tua dan guru perlu berkerjasama mengajarkn sejak dini agar tidak menjadi kebiasaan melakukan tindakan bullying.

Dikutip dalam detiknews.com pada hari sabtu 15 Januari 2022 seorang siswa SD di Bekasi di buly oleh siswa SMP yang akhirnya berujung damai. Orang tua dari korban menjelaskan bahwa tidak akan membawa permasalahan ini dan tidak ingin melaporkan terduga kepada pihak kepolisian, ujar Kapolres Metro Kota Bekasi Kombes Hengki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/1/2022).

 Hengki mengatakan peristiwa bullying itu terjadi pada Selasa (11/1). Korban yang tidak meminjamkan bola kepada terduga pelaku membuat terduga pelaku marah. 

Terduga pelaku selanjutnya merekam kejadian tersebut menggunakan kamera handphone miliknya sambil mengeluarkan kata-kata dan perlakuan bullying. Lalu menyebarkan video tersebut ke sesama teman korban hingga video tersebut sampai kepada orang tua korban," ujar Hengki. 

Terduga pelaku selanjutnya merekam kejadian tersebut menggunakan kamera handphone miliknya sambil mengeluarkan kata-kata dan perlakuan bully terhadap anak tersebut. Sudah berdamai antara orang tua korban dan orang tua pelaku serta sudah dipertemukan juga waktu itu dan dihadiri oleh petugas dari kepolisian," ucap Adi. 

Informasi yang di dapat sudah clear. Dalam kasus ini terekam sebuah video memuat aksi perundungan terhadap seorang bocah laki-laki viral yang berada di media sosial tersebut. Dalam video tersebut korban merupakan anak SD kelas III. Peristiwa itu terjadi di sebuah perumahan Bekasi Timur, Kota Bekasi. 

Pelaku bullying pada kasus ini adalah siswa kelas I sekolah menengah pertama (SMP). "Bantu viralkan anak kelas 3 SD di-bully secara tidak manusiawi oleh anak kelas 1 SMP di Perumahan MGT Bekasi," caption pada video viral seperti dilihat, Rabu (12/1). 

Di dalam video itu terlihat korban menggunakan baju dan celana warna biru. Korban menangis di jalan beton dengan posisi telungkup. Di sekeliling korban itu terdapat sejumlah anak dan remaja lainnya. 

Para remaja itu sibuk merekam korban yang tengah menangis tersebut. "Videoin, videoin," teriak salah satu orang di lokasi. Sejumlah remaja itu tampak melecehkan anak kecil yang tengah menangis tersebut. Beberapa di antaranya bahkan terlihat sempat memegang bagian pantat bocah itu. Kumpulan anak itu terlihat tidak mempedulikan kondisi korban. Mereka tetap bermain dan tertawa mengelilingi korban yang tengah menangis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan