Mohon tunggu...
Little Hello
Little Hello Mohon Tunggu... Akuntan - Selalu dalam proses belajar

Stay Positive, Work Hard and Make it Happen

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Olahraga Sesuai dengan Usia

7 Oktober 2014   22:50 Diperbarui: 17 Juni 2015   21:59 588 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Olahraga merupakan suatu aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Olahraga harus dilakukan dengan tepat jika tidak akan membuat cedera atau membahayakan diri sendiri

Olahraga mempunyai banyak manfaat jika olahraga dilakukan secara teratur dan tepat akan mengendalikan berbagai resiko penyakit seperti diabetes, jantung koroner, kanker dan radang sendi. Selain itu juga dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan meningkatkan mood.
Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan otak karena dapat mempertajam kemampuan berpikir, mengurangi resiko penuaan otak, serta meningkatkan kemampuan system motorik yang berhubungan dengan otot. Olahraga harus dilakukan sesuai dengan batas kemampuan tubuh dan tidak boleh melebihi kemampuan tubuh. Manfaat olahraga akan lebih maksimal jika diimbangi dengan pola makan dengan gizi yang seimbang. Olahraga harus dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh dan usia. Jangan sampai beban olahraga terlalu berat dibanding usia.

Usia 20-an
Masa dimana seluruh fungsi tubuh bekerja dengan kapasitas optimal. Mereka yang berada di kelompok usia ini bisa menikmati berbagai jenis olahraga, baik high impact, low impact hingga olahraga yang bersifat kompetitif sekalipun. Untuk melancarkan metabolism tubuh, berolahragalah secara teratur, seperti latihan kardio selama 30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu.

Usia 30-an
Di usia ini, fungsi organ tubuh mulai banyak mengalami perubahan sehingga rentan terhadap bahaya saat olahraga. Pada usia ini anda masih dapat melakukan olahraga seperti usia 20-an hanya saja perlu disesuaikan dengan kapasitas tubuh, misalnya dengan mengurangi durasi olahraga. Sebuah penelitian oleh Cleveland Clinic menunjukkan bahwa pada usia 30-an hormon yang bertanggung jawab untuk kekuatan otot dan tulang menurun drastic. Karena itu, olahraga untuk kebugaran otot dan tulang sangat penting dilakukan, seperti yoga, pilates, dan tai-chi.

Usia 40-50-an
Pada usia ini sebaiknya menghindari olahraga yang sifatnya high impact dan kompetitif, serta olahraga yang membutuhkan tenaga besar dan waktu yang lama. Pada usia ini sebaiknya memilih olahraga yang menjaga semua fungsi tubuh dengan baik seperti senam kebugaran, yoga, pilates dan tai chi. Selain olahraga hal yang penting juga adalah waktu istirahat, pola makan dan asupan cairan.

Usia 60 keatas
Pada usia ini, aktivitas fisik yang sederhana juga dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan hati hati. Olahraga yang paling tepat untuk dilakukan untuk usia ini adalah jalan kaki dan yoga. Gerakan-gerakan yoga mampu member stimulus fisik yang sangat efektif bagi tubuh.

Jika anda ingin sehat hingga usia lanjut lakukanlah olahraga secara rutin terutama yoga yang dapat meningkatkan kualitas organ tubuh dan kondisi paru paru yang sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan