Mohon tunggu...
ANGELICA ECCLESIA
ANGELICA ECCLESIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Film dan Televisi UPI'2o

Seseorang yang suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Lukisan Fotorealisme di Selasar

26 Oktober 2021   10:27 Diperbarui: 26 Oktober 2021   12:12 79 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Lukisan lansekap adalah salah satu genre karya lukis yang mengpresentasikan berbagai hubungan historis antara manusia dan alam,sekaligus evoulusi yang terjadi dalam kebudayaan dan peradaban. Mariam Sofrina seniman asal Bandung 1983 ini mampu menghadirkan sebuah karya lukis lansekap yang memiliki identitas tempat secara persis,rinci,dan subtil dengan teknik fotorealisme. 

Lukisan ini berhasil di tampilkan di salah satu galeri di Bandung, yaitu Selasar Sunaryo Art Space, Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial,Kec. Cimenyan,Bandung,Jawa Barat. 

Selain tempat ini memiliki segudang karya yang ditampilkan,Selasar juga menyajikan sebuah mini cafe untuk pengunjungnya beristirahat di tengah-tengah pemandangan yang indah dan cuaca ciri khas Kota Bandung yang sejuk.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Mariam Sofrina merupakan seniman yang bekerja dengan perspektif warga urban abad ke-21. Karya-karyanya sendiri dihasilkan dari hasil eksperimennya terhadap format dan ukuran kanvas untuk menghadirkan semacam kehorisontalan yang esktrim. 

Lukisan ini dapat dimaknai dan dirasakan secara romantik, di mana misteri dan horor berkelindan dengan keindahan alam. 

Arsitektural dari komplek bangunan tua yang berdiri kokoh di antara objek-objek alam itu menawarkan rasa kepemilikan terhadap pencita tempat, namun Mariam menyajikan karya itu bahwa rasa tempat dapat terbangun oleh konstruk yang melulu turistik,artfisial, dan temporer. 

Dengan kata lain Mariam memaknai bahwa apa yang dimaksud tempat itu tidak hanya mempersoalkan persepsi tentang lansekap dalam kebudayaan kontemporer, tetapi juga membawa diri kita untuk dapat memahami masa lalu dan sejarah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan