Angela Modo
Angela Modo

You write with you heart, you edit with your brain. Too many ingredient ruin the story stew

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Atasi Selulit Secara Alami

14 Maret 2018   09:50 Diperbarui: 14 Maret 2018   10:09 787 0 0
Tips Atasi Selulit Secara Alami
Ilustrasi selulit di paha (Foto: merdeka.com)

Selulit atau hypolipodystrophy merupakan guratan pada kulit tubuh menyerupai garis-garis. Ini terjadi karena sel-sel lemak menumpuk secara tidak merata di beberapa bagian tubuh tertentu, seperti paha, pinggang, bawah perut dan pantat.  Meski bukan masalah kesehatan yang berbahaya, namun selulit yang muncul pada bagian yang terlihat seperti paha, menyebabkan penampilan menjadi buruk. Terutama bagi Anda yang memang selalu mengenakan bawahan-bawahan pendek. 

Biasanya beberapa faktor penyebab selulit terjadi karena kegemukan, konsumsi makanan tertentu, terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi, program diet yang salah, adanya pertumbuhan sel-sel kanker pada bagian tubuh tertentu, keturunan, dan masih banyak lagi. Selain itu, dilansir dari CNNIndonesia hormon estrogen juga memiliki peran penting dalam pembentukan selulit. Hal inilah yang membuat kaum hawa lebih sering memiliki selulit dibanding kaum adam.

Untuk Anda yang mengalami selulit, jangan khawatir karena ahli nutrisi medis, Sarah Brewer memberikan beberapa tips untuk mengatasi selulit.

Rajin Berolahraga.Tidak dipungkiri, olahraga dapat membuat tubuh sehat dan bugar. Olahraga juga dapat membakar lemak tubuh dan meningkatkan imun. Tak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, cukup luangkan waktu selama 30 menit sehari misalnya aerobik, lari, bersepeda ataupun berenang. Ini merupakan salah satu cara paling baik untuk mengatasi selulit.

Konsumsi Makanan Sehat. Makanan yang tidak diproses terlalu lama dan memiliki tingkat lemak dan indeks glikemik yang rendah sangat disarankan oleh Brewer. Hal tersebut dapat membantu meminimalisir sekresi insulin, hormon utama yang memicu penyimpanan lemak di dalam tubuh. Sebaiknya hindari makanan bergula dan makanan manis. Pasta, nasi merah dan gandum bisa menjadi alternatif karbohidrat rendah yang lebih baik dibandingkan nasi putih. Mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan tentunya juga penting untuk menghilangkan selulit. Intinya, konsumsilah makan-makanan yang mengandung serat dan nutrisi tinggi.

Rutin Merawat Diri. Untuk membantu mengurangi selulit, Anda bisa memijat dan menggosokkan garam di bagian-bagian tubuh yang mengalami selulit untuk menstimulasi sirkulasi dan mengeksfoliasi kulit. Teman saya juga pernah menghilangkan selulit dengan kopi. Caranya siapkan 3 sendok kopi bubuk, lalu tuangkan air panas kedalam kopi tersebut secukupnya sampai membentuk pasta. Jangan tambahkan gula ataupun bahan lainnya. Kemudian, oleskan pasta kopi tadi secara merata pada bagian selulit, gosok secara lembut kurang lebih selama 10-15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Selamat mencoba!