Mohon tunggu...
Anez Fauzya Azzahra
Anez Fauzya Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Assalamualikum

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peranan Audit Operasional dalam Menunjang Efektivitas Penjualan

22 Oktober 2020   15:45 Diperbarui: 22 Oktober 2020   15:47 85 2 0 Mohon Tunggu...

Dosen Pengampu : Sri Dewi Wahyundaru

Email : sridewi@unissula.ac.id

Anez Fauzya Azzahra

Mahasiswi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unissula

 

Audit operasional sebagai bagian dari fungsi pengendalian merupakan suatu alat bagi manajemen untuk mengukur dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Manajemen harus memperhatikan segala aspek dalam perusahaan terutama unsur-unsur yang dapat memengarui penetapan laba rugi perusahaan. Salah satu elemen penting yang dapat memengaruhi penetapan laba rugi perusahaan adalah penjualan, karena dimana penjualan merupakan salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan dalam suatu perusahaan, sehingga perlu untuk mendapatkan perhatian yang cukup besar serta pengelolaan yang sebaik mungkin.

Menurut Agoes (2012:11) Audit operasional adalah suatu pemeriksaan terhadap kegiatan operasi suatu perusahaan, termasuk kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional yang telah ditentukan oleh manajemen, untuk mengetahui apakah kegiatan operasi tersebut sudah efektif, efisien dan ekonomis.

Definisi Auditing, Audit Operasional, Efektifitas penjualan

Auditing

"Report of the committee on basic Auditing Concepts of the American Accounting Association"(Accounting Review, vol. 47) memberikan definisi Auditing sebagai "suatu proses sistematis untuk memperoleh serta mengvaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi kegiatan dan peristiwa ekonomi,dengan tujuan menetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan".

Audit Operasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x