Mohon tunggu...
Anelia Histi
Anelia Histi Mohon Tunggu... Harianja

Identitas Penulis: Nama: Anelia Histi Harianja Prodi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nomenesen Medan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

18 Juni 2021   14:50 Diperbarui: 18 Juni 2021   14:56 44 1 0 Mohon Tunggu...

Dengan kemajuan teknologi informasi komunikasi sekarang ini semakin cepat dan pesat. Kemajuan teknologi sangat penting dalam kehidupan manusia. Di era teknologi yang semakin maju, teknologi dapat membantu manusia dalam bidang ekonomi, pangan, sosial ataupun yang lain.
Teknologi sangat penting bagi siswa ataupun mahasiswa, guru atau dosen dalam dunia pendidikan untuk membantu proses pembelajaran secara aktif, kreatif, inovatif. Sehingga akan tercipta multi-interaksi, baik antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan guru dan siswa dengan siswa.

Teknologi di zaman modern yang  berkembang dengan cepat dan pesat  memberikan dampak  positif (baik) dan negatif (buruk) bagi siswa dan mahasiswa.
Dampak positif dari  perkembangan teknologi yaitu: siswa bisa mengedepankan integritas setiap individu siswa,dan juga mengasah pola pikir logika demi membangun pendidikan yg mumpuni dengan melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab.
kita dapat memperoleh Informasi dan komunikasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk proses belajar mengajar dan menyampaikan media pembelajaran. Media pembelajaran seperti media audio dan media visual. Untuk itu dibutuhkan teknologi pendidikan. Adanya teknologi pendidikan dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan profesi guru, sehingga dapat memudahkan dan memanfaaatkan teknologi pendidikan.
Dengan memperoleh informasi dan komunikasi kita lebih  mudah dan dinamis dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi seperti internet yang menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik.
Teknologi pendidikan dalam sistem aplikasi dilakukan secara terpadu dan melibatkan banyak komponen diantara unsur ide atau gagasan, bahkan peralatan serta organisasi pengelolaannya. Adapun salah satu contoh aplikasi teknologi pendidikan dalam meningkatkan pembelajaran berbasis internet yang dinamakan e-learning. E-learning dapat membantu mempercepat proses pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan.
Dengan demikian aplikasi teknologi pendidikan adalah salah satu cara mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif, efisien, dan produktif sesuai kebutuhan dan tuntutan anak didik, karena sebagai guru atau pendidik dengan menggunakan media yang relevan dengan materi yang akan teratasi permasalahan-permasalahan yang ada saat proses pembelajaran langsung dan juga dapat mengantisipasi akan munculnya permasalahan dalam pembelajaran.
Dampak negatif yang sering terjadi pada perkembangan teknologi  yaitu:  siswa atau mahasiswa yg tidak bisa mengikuti perkembangan akan kalah,sehingga ia terbebani oleh itu dan ia menjadi siswa yg tidak berkompeten dalam pendidikan. Membawa pengaruh bagi siswa atau siswa yang membuat jarang belajar, malas berfikir dan sulit betkonsentarsi dalam pelajaran. Siswa menjadi malas belajar dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook, Chating, Frienster dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Sehingga siswa atau mahasiswa miskin akan ilmu, pengetahuan dan  pendidikan  yang dapat berakhir menjadi kerugian. Teknologi ini juga dapat membuat siswa atau mahasiswa menyalahgunakan  pengetahuan dari teknologi untuk melakukan tindakan kriminal terhadap orang-orang tertentu.

Maka kita sebagai pengguna teknologi di zaman sekarang ini kita harus belajar mengendalikan iptek, bijak menggunakan teknologi dalam memilih antara yang harus kita contoh mana yang baik atau tidak dengan tidak menyalahgunakan perkembangan teknologi, Memanfaatkan teknologi  untuk menambah wawasan dan pengetahuan,  tetap menjaga norma yang ada dengan tidak meninggalkan kebudayaan sehingga kebudayaan kita tetap lestari, dan memberikan hal positif kepada publik. Kita harus semakin cerdas dalam menyikapi perkembangan teknologi dalam  Kesadaran tentang pemahaman menggunakan teknologi itu dengan baik dan tepat .

VIDEO PILIHAN