Mohon tunggu...
Anindita Rahardini
Anindita Rahardini Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mari belajar bersama!

Selanjutnya

Tutup

Media

Detik.com Menghadirkan Berita Cepat dan Akurat

4 Mei 2020   05:13 Diperbarui: 4 Mei 2020   05:14 46 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Detik.com Menghadirkan Berita Cepat dan Akurat
Tampilan website Detik.com pada tahun 1998.

Media online adalah sarana komunikasi dengan menggunakan website yang didukung oleh internet. Detik sebagai media online memiliki prinsip cepat dan akurat.

Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi secara tak sadar ikut mengubah beragam kegiatan dan pekerjaan, salah satunya adalah jurnalistik. Dengan adanya teknologi dan internet, jurnalistik yang dulu hanya dapat dinikmati lewat televisi, koran, atau majalah kini dapat dinikmati melalui website atau media sosial di manapun dan kapanpun.

Di Indonesia sendiri, masuknya internet pada tahun 1990 turut mengubah arus media cetak menjadi media berbasis internet. Salah satu pelopor situs website dengan berita baru yang tak bersumber dari media cetak adalah Detik.com.

Berdiri pada 9 Juli 1998, berbagai jenis berita disajikan oleh Detik.com hingga kini melalui kanal-kanal yang mereka miliki, misalnya detikNews, detikFinance, detikSport, dan lain-lain. Berita-berita tersebut disajikan dengan tujuan memberi informasi kepada masyarakat secara cepat dan akurat.

Dalam membuat berita yang akurat, tentu dibutuhkan beberapa kemampuan dan syarat tertentu bagi seorang jurnalis. Menurut Elza Astri Retaduari, asisten redaktur detikNews, ada beberapa tahap dalam membuat berita, yaitu melakukan wawancara dengan narasumber, menentukan angle, transkrip wawancara dan melakukan penulisan berita. Setelah itu berita akan dikirip pada editor untuk dilihat kembali, kemudian disiarkan kepada masyarakat.

Tampilan laman berita Detik.com
Tampilan laman berita Detik.com

Selain itu, seorang jurnalis harus bias melakukan multitasking dan memiliki mental yang kuat. Hal ini karena jurnalis harus bertindak cepat, dapat memposisikan diri, mempersiapkan kebutuhan dan melakukan beberapa kegiatan sekaligus.

Kalau teman-teman mau jadi seorang jurnalis, di media online khususnya, ya harus siap mental sih, nggak boleh ngeluh, fisik juga, tapi mental paling penting. Keduanya harus imbang, jangan sampai kita cepat tapi nggak akurat,

Selain menggunakan website, Detik.com juga memiliki laman media sosialnya sendiri. Media sosial tersebut digunakan untuk menyebarkan berita yang ada di website. Mengunggah konten berita di media sosial juga membutuhkan syarat tertentu.

Tampilan akun Instagram Detik.com
Tampilan akun Instagram Detik.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x