Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... apa yang kutulis tetap tertulis..

yang enteng-enteng aja...

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Startup Disayang dan Bakar Uang

30 November 2019   20:28 Diperbarui: 1 Desember 2019   08:50 0 8 2 Mohon Tunggu...
Startup Disayang dan Bakar Uang
Ilustrasi: pixabay.com

Padang Kurusetra adalah tempat berlangsungnya pertempuran dari dua kubu bersaudara Pandawa dan Kurawa, pertempuran tersebut dinamakan Perang Baratayuda.

Dikisahkan oleh Begawan Vyasa dalam epos Mahabarata, Perang Baratayuda berlangsung selama 18 hari. 

Pertikaian antara Pandawa dan Kurawa yang masih segaris keturunan Kerajaan Hastinapura dalam Perang Baratayuda melibatkan banyak para ksatria. Berbagai senjata mestika dan kesaktian saling beradu, korban nyawa berguguran.

Selama 18 hari Padang Kurusetra dibanjiri darah. Pandawa berhasil mengalahkan kubu Kurawa dan merebut takhta Hastinapura. Pandawa merupakan gambaran dari kebijaksanaan dan kebaikan, sedangan Kurawa sebaliknya mewakili kejahatan, angkara murka dan ketamakan. 

Mahabarata menjadi karya besar dipenuhi wejangan berikut nilai kehidupan, kemanusiaan dan kebijakan. Perang Baratayuda tidak dapat dielakan karena sudah ditakdirkan sebagai jalan keluar bagi kebenaran menang atas kejahatan. Dan Perang Baratayuda merupakan puncak dari persaingan antara Pandawa serta Kurawa.

Persaingan atau kompetisi dalam berbagai perspektif sudah lazim terjadi. Tidak hanya dalam konteks perang senjata, dalam persaingan bisnis untuk meraih pangsa pasar, berbagai upaya akan dilakukan para pelaku usaha dalam sebuah industri. Terlebih lagi di saat seperti sekarang ini, di mana teknologi telah mengambil peranan penting.

Memasuki awal milenium, tahun 2000-an, masa perusahaan internet mengalami kejayaan, valuasi perusahaan internet melonjak tajam. 

Pola serupa terjadi ketika mayoritas penghuni planet Bumi terbawa tren digitalisasi. Startup atau perusahaan rintisan bermunculan dan menjamur, tidak sedikit menyandang status unicorn atau mencapai valuasi US$ 1 miliar, bahkan sanggup mencapai decacorn, dengan nilai lebih tinggi lagi tentunya.

Ilustrasi: pond5.com
Ilustrasi: pond5.com
Startup kerap kali identik dengan cara para inovator muda berkarya. Disebutkan milenial muda dengan penuh ide dan kreativitas menggarap sesuatu kemudian dipublikasikan. Dengan gaya khas milenial, kreativitas ini menjadi daya tarik bisnis.

Bisnis semacam ini berawal dari ruang lingkup kecil, dengan jumlah tim kerja tidak terlalu banyak. Berkat adanya teknologi dan akses media sosial mendorong startup menjadi tenar, mengorbit laksana bintang baru bersinar. 

Kreativitas dan inovasi startup menjadi nilai jual yang mungkin belum terpikirkan di masa sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x