Mohon tunggu...
Andriani Novitasari
Andriani Novitasari Mohon Tunggu... Wanita yang selalu ingin belajar

Ing Ngarso Sung Tulodho. Ing Madyo Mangun Karso. Tut Wuri Handayani.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Pemakaman Pangeran Philip

17 April 2021   22:10 Diperbarui: 18 April 2021   05:48 128 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemakaman Pangeran Philip
Sumber: BBC; Pangeran Philp ketika Perang Dunia II bertugas di Kapal Perang HMS Valiant

Pangeran Philip yang merupakan suami dari Ratu Elizabeth II dari Inggris telah wafat sepekan lalu, Jum'at 9 April 2021 di Istana Windsor dalam usia 99 tahun.  Sosok pangeran yang merupakan keturunan Yunani dan Denmark dan lahir pada 10 Juni 1921 telah berperan banyak untuk Inggris terutama kepada Keluarga Kerajaan karena peran beliau sebagai pendamping Ratu Elizabeth II.

Pangeran Philp merupakan perwira angkatan laut Inggris dan ikut berjuang ketika Perang Dunia II sebelum beliau menikah dengan Elizabeth. Namun setelah ayahanda Elizabeth meninggal dan Elizabeth menjadi ratu Inggris, Philp harus mundur dari karir cemerlang yang telah dirintisnya. Pangeran Philip telah banyak berkorban demi Elizabeth sukses menjadi ratu Inggris.

Pengorbanan Pangeran Philip tidak sia-sia, karena Ratu Elizabeth merupakan ratu yang sukses melewati berbagai gelombang dan bertahta sebagai ratu paling lama dibandingkan para pendahulunya.

Sebagai istri Ratu Elizabeth yang bergelar Duke of Edinburgh, beliau berhati mulia dan banyak melakukan kegiatan amal dengan salah satunya mendirikan Duke of Edinburgh Award yang memberikan beasiswa bagi generasi muda di seluruh dunia. Banyak anak muda di Indonesia telah menerima award ini, bahkan beberapa diantaranya merupakan penyandang disabilitas yang dibantu untuk dapat melanjutkan pendidikannya. 

Tidak hanya sukses menjadi pendamping Ratu Elizabeth dalam menjalankan pemerintahan, namun Pangeran Philp juga sukses  menjaga pernikahannya selama 73 tahun. Sosok family man ini sepanjang pernikahannya bersama Ratu Elizabeth dikaruniai 4 orang anak,  8 orang cucu dan 10 orang cicit.

Pangeran Philp merupakan bangsawan yang dicintai rakyatnya. Ketika beliau wafat, sejak seminggu yang lalu banyak Rakyat Inggris datang baik ke Istana Buckingham mapun ke Istana Windsor untuk memberikan bunga dan ucapan duka cita.

Kebetulan saya pernah tinggal di Inggris selama beberapa tahun dan pernah berkunjung ke Istana Buckingham maupun Istana Windsor. Jadi ketika mendengar berita bahwa Pangeran Philip wafat dan rakyat Inggris berbondong-bondong ke Istana Buckingham serta Istana Windsor untuk mengirim bunga dan ucapan duka, saya menjadi terharu. Betapa besar cinta rakyat Inggris kepada beliau, sehingga rakyat dari penjuru Inggris rela menempuh perjalanan jauh untuk mengirimkan bunga.

Hari ini 17 April 2021 pada pukul 3 sore waktu Inggris,  Pangeran Philp akan dimakamkan di Royal vault St George Chapel untuk sementara. Setelah Ratu Elizabeth wafat nanti, jenasah Pangeran Phip akan dipindahkan untuk disatukan dengan istrinya untuk selamanya. 

Prosesi pemakaman bangsawan kali ini terbilang sederhana karena selain permintaan Pangeran Philip sendiri yang menginkan upacara pemakamannya sederhana, juga karena saat ini terjadi banyak pembatasan akibat terjadinya pandemi Covid-19.  Pemakamannya hanya akan dihadiri oleh 3o orang bangsawan saja. 

Ada yang menarik, bahwa jauh hari sekitar lima belas tahun lalu sebelum beliau wafat, Duke of Edinburgh telah merancang sebuah Land Rover untuk mengangkut jenasahnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN