Mohon tunggu...
Andri Marza Akhda
Andri Marza Akhda Mohon Tunggu... Content Planner

Yap, saya adalah perencana konten dari Agency Digital Marketing Jogja, bernama Creativism. Di dalam blog Kompasiana ini, saya akan berbagi banyak hal menarik. Terutama seputar digital marketing, teknologi, fashion, virtual reality dan juga bahas hal-hal receh lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

5 Peran SEO dalam Meningkatkan Konversi Penjualan

29 April 2025   09:24 Diperbarui: 29 April 2025   09:24 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peran SEO untuk Meningkatkan Konversi (Sumber: Creativism.id)

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah metode optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia, melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Metode optimasi website ini, seringkali dijalankan sebagai bagian dari strategi digital marketing. Hal ini wajar mengingat SEO memang mampu memberikan dampak positif untuk perkembangan bisnis.

Baca Juga: Daftar Strategi SEO Kuno yang Masih Ampuh Digunakan

Beberapa di antara banyak dampak positif tersebut adalah SEO yang mampu membantu website bisnis mendapatkan peningkatan metrik konversi penjualan. Ya, meskipun SEO termasuk ke dalam strategi digital marketing jangka panjang, tapi SEO juga memiliki peran signifikan dalam proses meningkatkan konversi penjualan, baik yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek.

Bagaimana caranya?.

SEO mampu melakukan itu karena memiliki 5 peran yang relevan. 5 peran inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita di dalam artikel ini. Penasaran apa saja 5 peran tersebut?, simak baik-baik artikel ini ya!.

1. SEO Mampu Menarik Audiens dengan Tepat

Peran SEO pertama untuk dapat meningkatkan konversi penjualan, adalah SEO yang mampu menarik audiens dengan tepat. Peran seperti ini, didapatkan dari penerapan penargetan keyword yang tepat. Konten yang diproduksi untuk keyword tertarget benar-benar memiliki relevansi yang kuat dengan search intent-nya. Adapun keyword yang ditargetkan biasanya memiliki search intent berjenis commercial atau transactional.

2. SEO Mampu Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Bisnis

Peran SEO kedua untuk dapat meningkatkan konversi penjualan, adalah kemampuannya yang mampu meningkatkan kredibilitas dan juga kepercayaan bisnis. Banyaknya konten yang berhasil tampil di urutan teratas Google dari sebuah website, tentu jadi nilai tambah tersendiri di mata audiens. Website tersebut akan dipandang sebagai website yang kredibel dan juga tepercaya.

3. Memberikan User Experience yang Baik

Peran SEO berikutnya, adalah mampu memberikan pengunjung website, user experience yang baik. Hal ini wajar mengingat website yang diterapkan metode SEO di dalamnya, tidak hanya akan memiliki banyak konten-konten yang berkualitas. Tapi juga memiliki tampilan serta menu navigasi yang mudah untuk dipahami. Memiliki ruang lingkup akses yang benar-benar tidak terbatas, dan juga cepat. Tidak membuat pengunjung harus membuang lebih banyak kuota internetnya hanya untuk mengakses 1 halaman tertentu.

4. Customer Journey yang Lebih Baik

Berikutnya adalah SEO yang mampu menjadikan target audiens melewati customer journey secara sistematis. Proses transfer brand knowledge yang mereka dapat benar-benar mendalam dan juga detail. Mereka jadi paham betapa penting dan bermanfaatnya produk atau jasa yang kita tawarkan. Adapun tahapan customer journey yang dimaksud, dimulai dari awareness, consideration, dan pada akhirnya decision.

5. Meningkatkan Performa Pasar Lokal

Peran SEO terakhir yang berkaitan dengan upaya peningkatan metrik konversi penjualan, adalah mampu meningkatkan performa pasar lokal. Kemampuan seperti ini, didapatkan dari penerapan metode Local SEO yang baik. Local SEO sendiri adalah salah satu dari 4 metode SEO populer, ditujukan untuk dapat membantu performa website terutama dari pasar lokal menjadi lebih baik. Di dalam metode ini, kita akan banyak berurusan dengan optimalisasi Google My Business.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun