SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah metode optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia, melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Metode optimasi website ini, seringkali dijalankan sebagai bagian dari strategi digital marketing. Hal ini wajar mengingat SEO memang mampu memberikan dampak positif untuk perkembangan bisnis.
Baca Juga:Â Daftar Strategi SEO Kuno yang Masih Ampuh Digunakan
Beberapa di antara banyak dampak positif tersebut adalah SEO yang mampu membantu website bisnis mendapatkan peningkatan metrik konversi penjualan. Ya, meskipun SEO termasuk ke dalam strategi digital marketing jangka panjang, tapi SEO juga memiliki peran signifikan dalam proses meningkatkan konversi penjualan, baik yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek.
Bagaimana caranya?.
SEOÂ mampu melakukan itu karena memiliki 5 peran yang relevan. 5 peran inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita di dalam artikel ini. Penasaran apa saja 5 peran tersebut?, simak baik-baik artikel ini ya!.
1. SEO Mampu Menarik Audiens dengan Tepat
Peran SEO pertama untuk dapat meningkatkan konversi penjualan, adalah SEO yang mampu menarik audiens dengan tepat. Peran seperti ini, didapatkan dari penerapan penargetan keyword yang tepat. Konten yang diproduksi untuk keyword tertarget benar-benar memiliki relevansi yang kuat dengan search intent-nya. Adapun keyword yang ditargetkan biasanya memiliki search intent berjenis commercial atau transactional.
2. SEO Mampu Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Bisnis
Peran SEO kedua untuk dapat meningkatkan konversi penjualan, adalah kemampuannya yang mampu meningkatkan kredibilitas dan juga kepercayaan bisnis. Banyaknya konten yang berhasil tampil di urutan teratas Google dari sebuah website, tentu jadi nilai tambah tersendiri di mata audiens. Website tersebut akan dipandang sebagai website yang kredibel dan juga tepercaya.
3. Memberikan User Experience yang Baik
Peran SEO berikutnya, adalah mampu memberikan pengunjung website, user experience yang baik. Hal ini wajar mengingat website yang diterapkan metode SEO di dalamnya, tidak hanya akan memiliki banyak konten-konten yang berkualitas. Tapi juga memiliki tampilan serta menu navigasi yang mudah untuk dipahami. Memiliki ruang lingkup akses yang benar-benar tidak terbatas, dan juga cepat. Tidak membuat pengunjung harus membuang lebih banyak kuota internetnya hanya untuk mengakses 1 halaman tertentu.
4. Customer Journey yang Lebih Baik
Berikutnya adalah SEO yang mampu menjadikan target audiens melewati customer journey secara sistematis. Proses transfer brand knowledge yang mereka dapat benar-benar mendalam dan juga detail. Mereka jadi paham betapa penting dan bermanfaatnya produk atau jasa yang kita tawarkan. Adapun tahapan customer journey yang dimaksud, dimulai dari awareness, consideration, dan pada akhirnya decision.
5. Meningkatkan Performa Pasar Lokal
Peran SEO terakhir yang berkaitan dengan upaya peningkatan metrik konversi penjualan, adalah mampu meningkatkan performa pasar lokal. Kemampuan seperti ini, didapatkan dari penerapan metode Local SEO yang baik. Local SEO sendiri adalah salah satu dari 4 metode SEO populer, ditujukan untuk dapat membantu performa website terutama dari pasar lokal menjadi lebih baik. Di dalam metode ini, kita akan banyak berurusan dengan optimalisasi Google My Business.