Siapa yang tidak tahu dengan apa itu SEO?. Terlebih lagi di era serba digital marketing sekarang ini. Ya, SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang paling banyak digunakan. Hal ini wajar mengingat SEO, menawarkan penggunanya Return on Investment maksimal, dengan modal, terutama biaya, yang minimal.
Modal utama daripada kesuksesan SEO adalah proses produksi konten website berkualitas tanpa henti. Dapat dikatakan bahwa SEO adalah salah satu dari strategi pemasaran jangka panjang yang paling diminati. Untuk bisa mendapatkan manfaat SEO ini, diperlukan proses penerapan 4 metode SEO lengkap.
Dimulai dari On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO. Selain itu, penerapannya juga harus sesuai dengan algoritma ranking Google terbaru. Sesuatu yang jelas bukanlah perkara yang mudah.
Dalam prosesnya, kita akan banyak menemukan banyak perubahan demi perubahan strategi SEO, yang itu mengikuti perkembangan zaman, dan juga kebiasaan pencarian informasi, dari pengguna internet terbaru. Sekarang, kita bahkan sudah mengenal istilah Answer Engine Optimization, Search Generative Experience dan lain sebagainya.
Setiap tahun, kita seperti selalu dituntut untuk menggunakan strategi SEOÂ terbaru. Meskipun begitu, faktanya masih ada cukup banyak strategi SEOÂ kuno yang hingga sekarang masih ampuh digunakan.
Baca Juga:Â 5 Kesalahan Keyword Research yang Umum Dilakukan oleh Pemula
Strategi SEO kuno yang masih ampuh digunakan inilah, yang akan menjadi fokus pembahasan utama kita. Perlu diketahui, bahwa daftar strategi SEO kuno ini, banyak terinspirasi dari konten website Creativism. Agency SEO profesional asal Jogja.
Penasaran apa saja strategi SEOÂ kuno yang masih ampuh tersebut?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
1. Meletakkan Kata Kunci Utama di Awal Konten
Strategi SEOÂ kuno tapi masih ampuh digunakan pertama adalah dengan meletakkan kata kunci utama di awal konten. Semisal Anda ingin membuat konten artikel dengan kata kunci tertargetnya adalah "Rekomendasi Skincare Terbaik 2025". Anda bisa menempatkan kata kunci tersebut, benar-benar di awal konten.
Contohnya seperti ini.