Mohon tunggu...
Andri Marza Akhda
Andri Marza Akhda Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Planner

Bahas semua hal yang menarik. Dari olahraga, virtual reality, digital marketing, teknologi, fashion, dunia kuliah, dan juga hal-hal receh lainnya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Creativism, Selalu Siap Berikan Solusi Marketing Terbaik untuk UMKM Go Digital

1 November 2023   10:48 Diperbarui: 1 November 2023   10:57 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Creativism.id

Era bisnis telah berubah. Saat ini kita telah mengenal banyak teknologi marketing yang memudahkan kita untuk meningkatkan brand awareness sekaligus konversi bisnis.

Ya, era bisnis saat ini banyak terbantu berkat kehadiran daripada teknologi media sosial. Inovasi yang dilakukan oleh Instagram dan TikTok menjadi pertanda yang baik untuk pebisnis memulai langkah bisnisnya.

Meskipun TikTok akhir-akhir ini di Indonesia banyak dihujat pedagang tradisional karena sistem social commercenya, tapi itu tak menutup fakta bahwa TikTok berhasil merajai pasar jual beli di medsos.

Tidak ada lagi "keranjang kuning" bukanlah masalah besar karena nyatanya TikTok sangat bersahabat dengan content creator kecil mendapatkan engagements yang besar.

Metrik engagements yang besar inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Lalu bagaimana dengan Instagram?

Sebagai bagian dari perusahaan induk Meta Platforms. inc, tidak heran jika media sosial ini selalu kebagian update fitur terbaru dan revolusioner.

Di tahun 2023 ini saja, Instagram melalui CEO-nya yakni Adam Mosseri telah mengeluarkan banyak fitur terbaru. Beberapa di antaranya adalah fitur Notes, Channel, Threads, Editing Reels, Audio Trending, Meta Verified dan lain-lain.

Update fitur yang dilakukan oleh Instagram ini, menjadikannya konsisten untuk berada di urutan 5 besar aplikasi media sosial terpopuler.

Dihitung dari skala global, Instagram menempati urutan 4 dengan jumlah pengguna mencapai angka 2 miliar per April 2023. Jumlah ini jauh mengungguli pesaing terberatnya, yakni TikTok di urutan 6 dengan jumlah pengguna mencapai 1.1 miliar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun