Mohon tunggu...
Andri Faisal
Andri Faisal Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Seorang dosen manajemen keuangan dan Statistik. Peminat Sastra dan suka menulis fiksi. Suka Menulis tentang keuangan dan unggas (ayam dan burung) http://uangdoku.blogspot.com http://backyardpen.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

[Novel] Ismail the Forgotten Arab [Bagian 28 - Habis]

23 Oktober 2017   08:12 Diperbarui: 23 Oktober 2017   08:21 552
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Ada pepatah yang mengatakan bahwa setiap ada pertemuan ada perpisahan begitulah hari ini Australia menyatakan mundur dan Menyerah dari kita. Kami mmeenangi perang ini Mereka telah pergi dari sini mungkin tidak selamanya tetapi untuk sementara waktu ini. Tentu aku sedih kalau berpisah.

Aku baru tahu bahwa ada serangan dari Inggris.  Mereka akan melalui atau menggunakan dari tempat Mesir sebagai pijakan. Mesir yang sekarang dibawa proktektorat Inggris adalah tidak lebih dan tidak bukan adalah negeri Inggris dalam bayangan mereka menggunakan sumber daya yang banyak sekali untuk menyerang wilayah Utsmaniyah yang masih wilayah Arabia yang masih di lindungi oleh utsmaniyah.

Kami berdua memandang laut Gallipoli dan hancuran tempat bekas perang Gallipoli. Gallipoli hancur akibat invasi mereka mereka yang bertanggung jawab bangsa-bangsa Eropa Inggris dan Perancis beserta negeri-negeri koloninya harus menanggung ini inilah tiba saatnya kita berpisah meski kita berpisah bukan berarti persaudaraan kita akan habis di sekitar sini aku harap  kita masih bersilaturahmi terus ya aku juga aku berharap kau datang membawa keluargami sini bahkan jika kau tinggal di Hijaz . Pintu rumahku selalu terbuka untukmu dan keluargamu. "

"Jika ada waktu tuan juga bisa berkunjung ke tempat orang tuaku yang jauh di sana di Padang Lawas. Tuan bisa melihat pemandangan yang infah ada di sana. Sejauh mata memandang semuanya adalah rumput yang menghijau."

Aku duduk di sebuah kursi kerja dan Aisyah datang dengan membawa cangkir teh apel. Ada dua anak yang lucu sedang bermain mobil-mobilan di depanku. Ia sambil merangkak dan dibawah pengawasan Aisyah.

Aku menulis di buku di atas meja dan membereskan seluruh catatan ku di Galipoli. Mengenang para pasukan yang gugur di Galipoli. Merak adalah Arab. Aku melihat di surat kabar Australia membangun monumen peringatan. Kami orang Arab tidak perlu monumen karena kami adalah orang Utsmaniyyah yang membela tanahnya sendiri meski suku kami berlainan dengan Republik Turki yang baru ini. Mereka memisahkan negeri kami dari Turki namun mereka tidak memisahkan hati kami.

Daftar IstIlah

  • ANZAC :  singkatan Australia New Zealand Army Corps. Ini adalah Korps Pasukan Koloni Inggris yang berasal dari Australia dan Selandia Baru.
  • Arbeques : Senjata kuno yang diisi serbuk dan biji timah. Digunakan abad 16
  • Batalyon : Sering disebut Liwa atau Liva dalam bahasa Turki. Ini kesatuan pasukan berjumlah 1000 orang
  • BKO : Bawah Kendali Operasi
  • Circassia : Suku yang berada di Laut Hitam , Rusia . Mereka memeluk agama ISlam dan sebagian kini ad di Turki.
  • Jendarme : Pasukan Dalam Negeri atau Polisi Milter Turki. Mereka bertugas di waktu perang maupun di waktu damai.  
  • Kompi: kumpulan grup prajurit berjumlah 100-300 orang
  • Kurdi : Suku Yang berada di daerah perbatasan Iraq, Turki, dan Syria
  • Liva : Batalyon kesatuan tentara yang berjumlah sekitar 10.000 pasukan
  • Pleton: Pasukan yang terdiri dari 30-60 orang
  • Onabasi : Prajurit Turki yang setara dengan pangkat Kopral
  • Cavus : Prajurit Turki yang setara dengan pangkat Sersan
  • Crimea : Wilayah semenanjung di laut Hitam sekarang wilayah Ukraina yang lagi bersengketa dengan Rusia.
  • Mulazim : Perwira Turki yang setara dengan pangkat Letnan
  • Marsose : Pasukan pribumi yang bekerja untuk kepentingan kolonial Belanda
  • Mirliva : Perwira Turki yang setara dengan pangkat Kolonel
  • Pasha : Gelar kebangsawanan Turki yang setara dengan seorang Jenderal bintang empat
  • Simit: Roti berbentuk angka delapan dan dikasih wijen diatasnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun