Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Insinyur - Follow me @andre_gemala

Husband of a caring wife, father of two, car enthusiast, motorsport freak, Life learner..

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Evolusi Microvan dan Kei Truck di Indonesia: Mulai dari Truntung hingga Minivan EV

3 Mei 2023   00:36 Diperbarui: 3 Mei 2023   17:08 2084
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kendaraan komersial mempunya peranan penting dalam kehidupan kita, karena kendaraan-kendaraan tersebut digunakan untuk mengangkut sandang, pangan, papan dan juga ada yang digunakan sebagai transporter untuk manusia. 

Salah satu type kendaraan komersial yang hadir sejak puluhan tahun lalu hingga sekarang adalah Microvan dan Kei Truck.

Microvan adalah van kecil atau minivan yang termasuk dalam klasifikasi kei cars, dan lebih kecil dari mini MPV. Di Indonesia, biasa disebut minibus karena atapnya yang tinggi dan menyerupai miniatur bus. 

Sebagian besar microvan memiliki dua pintu di depan dan dua sliding door di tengah, dan pintu bagasi yang besar. Selain itu konfigurasi tempat duduknya disesuaikan dengan kebutuhan; tiga baris tempat duduk jika digunakan untuk mobil penumpang. 

Kursi biasanya berbahan sangat tipis dan cenderung tegak demi mengoptimalkan ruangan. Atau konfigurasi dua kursi yang hanya di depan, jika mobil digunakan untuk tujuan komersial seperti angkut barang atau dagang makanan. 

Jendela samping dalam versi komersial diganti dengan panel metal hingga diberi nama Blind Van. Untuk urusan mesin; microvan di Jepang memiliki displacement 660 cc. Sementara yang non-JDM (Japan Domestic Market) memiliki displacement bervariasi mulai dari 850 cc hingga 1.6 L.

Suzuki Every (drivingline.com)
Suzuki Every (drivingline.com)

Sementara Kei Truck adalah pick-up kecil yang di negara asalnya, diatur dalam undang-undang tahun 1998 untuk memiliki panjang maksimum 3.4 m, lebar maksimum 1.48 m dan tinggi maksimum 2.0 m, dengan displacement 660 cc. Beratnya sekitar 700 kg dengan kecepatan maksimum hingga 120 km/jam tanpa beban angkutan. 

Demi memaksimalkan kemampuan angkut beban Kei Truck maupun microvan menganut body style "hidung pesek" dan "cab over" yang artinya posisi mesin berada di bawah cabin.

Kei Truck di Jepang memiliki kapasitas muatan hampir 350 kg. Untuk pasar ekspor, Kei Truck biasanya dilengkapi dengan mesin yang lebih besar agar punya kemampuan angkut lebih besar. Suzuki Carry yang awalnya punya kapasitas mesin 543 cc, hadir di Indonesia dengan kapasitas 1.6 L, hampir tiga kali lebih besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun