Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Follow me @dreandreu

Husband of a caring wife, father of two, car enthusiast, motorsport freak, Life learner..

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Mengenal Sirkuit Imola, Tempat Perhelatan Gran Premio Dell' Emilia Romagna 2021

17 April 2021   01:18 Diperbarui: 17 April 2021   12:51 303 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Sirkuit Imola, Tempat Perhelatan Gran Premio Dell' Emilia Romagna 2021
Emilia Romagna Grand Prix. (ferrari.com)

Dua hari lagi menjelang Start Formula 1 Emirates Gran Premio dell'Emilia Romagna di Imola, Italia. Kemenangan Lewis Hamilton di seri pembuka di Bahrain yang lalu tidak akan membuat Team Silverarrows itu terbuai. 

Max Verstappen dari Red Bull Racing pun membayangi, siap bertempur head to head kembali dengan Mercedes-AMG. Sementara bagi Scuderia Ferrari; perhelatan Grand Prix di Circuit yang menyandang nama Ferrari serta menjadi Tuan Rumah merupakan beban berat yang dipikul, terlebih lagi dengan kondisi sekarang ini. 

Namun duet Red Scarlett; Charles Leclerc serta Carlos Sainz Jr. akan mengerahkan seluruh kekuatan mereka demi menaiki podium di Imola dan mempersembahkan hadiah terbaik kepada para Tifosi. Masih Panjang hingga berakhir season 2021. 

Sergio "Checo" Perez jdari Red Bull juga tidak mau kalah. Ia punya peluang sama besar dengan Verstappen. Duo McLaren, Aston Martin, Renault, AlphaTauri serta para Rookie; Mick Schumacher dan Yuki Tsunoda juga tidak mau kalah dan siapa yang tahu kejutan-kejutan apa yang akan mereka hadirkan nanti? Nah, mumpung masih tiga hari lagi, yuk kita mengenal Imola Circuit ini lebih dekat.

Variante Bassa, Sirkuit Imola. (tripadvisor.com)
Variante Bassa, Sirkuit Imola. (tripadvisor.com)

Nama resmi Sirkuit legendaris tempat perhelatan F1 di Imola hari Minggu besok ini adalah Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari. 

Terletak di kota Imola, Italia, dengan jarak 40 kilometer di timur Bologna. Ini adalah salah satu dari sedikit sirkuit internasional yang menganut counter clockwise, yaitu pembalap mengitari sirkuit dengan berlawaran arah jarum jam. Sirkuit ini dinamai dari mendiang pendiri Ferrari; Enzo Ferrari, dan putranya; Alfredo Ferrari (Alfredino; Dino). 

Sirkuit yang punya kapasitas hingga 78,000 orang ini memiliki lisensi FIA Grade 1, yang berarti seluruh perangkat keselamatan, kualitas aspal, design, fasilitas Paddock dan Tribune serta banyak factor lainnya memenuhi standard Federale International le Automobile (FIA) dan dikualifikasikan Grade teratas. 

Sirkuit dengan level ini dapat menggelar ajang balap bergengsi berskala internasional seperti Formula 1, DTM, MotoGP, WTCC, WEC, Superbike dan lainnya.

Dengan Panjang lintasan 4,9 Kilometer, Enzo e Dino Ferrari adalah sirkuit berkarakter cepat. Kecepatan bisa dikembangkan hingga 367 kph. Layout sirkuit ini sudah dimodifikasi hingga tiga kali. Alasannya tentu saja demi keamanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN