Mohon tunggu...
Andrea Stefanny
Andrea Stefanny Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Andrea Stefanny's blog

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

11 Desember 2022   09:44 Diperbarui: 11 Desember 2022   09:55 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi merupakan kegiatan yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Humanioria (LPH) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Geladi Hominisasi ini wajib diikuti oleh mahasiswa UNPAR yang sedang menjalani Mata Kuliah Umum seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Logika. 

Hominisasi memiliki arti kata pemanusiaan. Geladi Hominisasi dilakukan dengan memiliki pemahaman bahwa manusia memiliki kelebihan dibanding makhluk hidup lainnya, hal tersebut ditunjukkan dengan manusia yang memiliki akal budi dan kehendak bebas. Oleh karena itu, dilakukannya geladi hominisasi ini supaya kita sebagai manusia dapat menggunakan akal budi dan kehendak bebas kita dengan sebaik-baiknya.

Geladi Hominisasi sendiri mempunyai serangkaian proses yang harus diikuti. Sebelum diberikannya link zoom untuk mengikuti Geladi, kami diberi tugas pra Geladi terlebih dahulu yaitu kami diminta untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya dan kemudian ditugaskan untuk menulis lirik yang bermakna dalam syair lagu tersebut. 

Tugas kedua yaitu kami diminta untuk menyimak sebuah film dokumenter di youtube, saya memilih Film Dokumenter Kue Tradisional: Sebungkus kisah tradisi yang kian terlupa. 

Film tersebut menceritakan tentang kue tradisional Indonesia yang sudah mulai terlupakan karena dipengaruhi oleh masuknya kue-kue modern. Setelah mengumpulkan tugas tersebut, saya pun akhirnya diberi link zoom untuk hari H. Pada hari H, saya dibagi kedalam breakout room di zoom bersama kelompok saya untuk mempresentasikan materi yang didapat oleh kelompok saya. Saya mendapat tema Hari Guru Nasional, saya dan kelompok saya pun bisa menyelesaikan presentasi dengan lancar dan berkesempatan untuk mempresentasikannya kembali di main room zoom.

Refleksi saya dalam mengikuti acara ini yaitu melalui acara ini saya bisa menambah wawasan saya, saya juga mendapatkan teman yang baru lewat kelompok saya. Mendapatkan teman yang baru berarti melatih kemampuan bersosialisasi saya menjadi lebih baik lagi. Saya juga belajar untuk bisa bekerja dalam kelompok dalam waktu yang singkat. Melalui diskusi kelompok, saya juga belajar untuk mendengarkan dan memahami berbagai opini yang disampaikan oleh teman-teman kelompok saya.

Setelah mengikuti acara Geladi Hominisasi, saya sadar bahwa perlu menggunakan logika dan Bahasa. Karena bahasa merupakan sarana saya untuk berkomunikasi dengan orang lain sebagai pembentuk identitas saya sebagai warganegara Indonesia.

Geladi Hominisasi ini memberikan saya banyak manfaat, salah satunya yaitu membantu saya untuk berpikir kritis lewat diskusi secara langsung. Saya juga bisa melatih kemampuan berkomunikasi saya dalam menyuarakan pendapat saya, selain menyuarakan pendapat saya sendiri, saya juga belajar tentang pentingnya menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain. Melalui acara ini saya mendapatkan banyak manfaat yang tentunya bisa berguna bagi saya dan kehidupan perkuliahan saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun