Mohon tunggu...
Andi Samsu Rijal
Andi Samsu Rijal Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti Bahasa dan Budaya

Seorang Ayah; Pencinta Buku

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Dari Rumah, Kita Bisa Berkonten Ria Bersama Indihome

10 Mei 2023   08:29 Diperbarui: 10 Mei 2023   08:24 2541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indihome perangkat mandiri, dokpri

Hadirnya Indihome perangkat mandiri yang kini dapat menjangkau perkampungan membuat aktivitas bekerja di rumah (work at home) menjadi nyaman dan tidak ribet. Di mana tahun-tahun sebelumnya kita hanya menjumpai pemasangan Wifi di kantoran atau di kampus-kampus. Paket internet Indihome perangkat mandiri hanya dengan sekali pemasangan router, selanjutnya kita bisa memilikinya dan bisa menggunakan fasilitas internet sepuasnya. 

Dengan berlangganan paket internet Indihome, kita tinggal membayar iuran per bulan yang terbilang murah dari pada mengisi quota dua tiga handphone per bulan. Apalagi di setiap rumah dapat dipastikan paling tidak lebih dari dua buah handphone. Biasanya untuk kelompok rumah tangga tertentu tidak hanya handphone saja tetapi ada tambahan penggunaan TV digital dan laptop. Sehingga membuat pemanfaatan Wifi Indihome lebih ekonomis dan efisien. Olehnya itu setiap nomor handphome tidak perlu lagi diisi quota tiap minggu atau tiap bulan yang terbilang boros quota bila disambungkan dengan hotspot dari handphone ke TV digital dan laptop.

Seperti pengalaman saya sejak langganan paket Indihome perangkat mandiri di tahun 2022, sangat memudahkan aktivitas dan rutinitas saya di rumah. Apalagi saya selaku orang yang bergelut dalam dunia akademik yang masih sedang studi lanjut sehingga tidak bisa lepas dari laptop dan koneksi internet. Bahkan sebelum adanya Wifi Indihome di rumah, saya harus mengisi quota internet dahulu kemudian menghubungkan ke laptop. Penggunaan quota tersebut, jika dirupiahkan terkadang mencapai dua ratus hingga tiga ratus ribu rupiah per bulan untuk satu handphone. Belum lagi bila pemakaian zoom, kebutuhan untuk mengunduh materi perkuliahan atau bahan ajar maka saya harus membeli ekstra quota atau bahkan ke warung kopi terdekat yang memiliki koneksi wifi kuat jika tidak sempat ngampus.

Dalam aktivitas akademik saya yang cukup berat, tentu tidak selamanya mengerjakan disertasi atau bahan ajar semata, sekali-kali saya mengalihkan pikiran saya untuk menulis artikel ilmiah populer, ulasan buku, menulis resensi film, menulis puisi atau cerpen hingga menulis apa saja yang terbesit dipikiran. Tulisan-tulisan lepas tersebut sebagai pengalihan pikiran saya sekaligus meluangkan hobi membaca dan menulis. Kehadiran paket internet Indihome di rumah, tentu sangat membantu baik untuk sekedar mencari informasi, mengkses laman penting, berselanjar di media sosial hingga ikut menulis di platform kompasiana. Adanya Indihome menjadikan saya penulis konten dadakan baik di media sosial maupun di paltform kompasiana. Adapun manfaatnya menjadi penulis konten di kompasiana, yakni melatih cara berfikir saya, menyimpan memori dalam bentuk tulisan, melatih kemampuan menulis saya untuk sebuah tujuan utama nantinya yakni menjadi penulis profesional.

Hadirnya fasilitas Indihome di rumah, kini pekerjaan saya sedikit lebih produktif jika dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut saya bisa buktikan sendiri dengan meningkatnya jumlah artikel saya baik di medium platform Kompasiana maupun tulisan ilmiah saya berupa jurnal dan produk bahan ajar lainnya. Selama November 2022 hingga April 2023 saya terkadang mengunggah tulisan di kompasiana paling tidak satu tulisan per hari bahkan terkadang saya berhasil menulis tiga buah tulisan per hari. Perangkat mandiri Indihome tersebut sangat memudahkan saya berkonten ria, sebab handphone dan laptop sudah terhubung secara otomatis sehingga membuat saya sangat fleksibel menulis. Hadirnya perangkat Indihome di rumah, saya bebas membaca informasi terbaru dan artikel ilmiah populer demikian saya bebas membaca jurnal ilmiah terpublikasi dan bereputasi baik di perpustakaan kampus maupun di laman yang bebas akses secara online lainnya.

Kini aktivitas berkonten ria dengan adanya Indihome sangat aman dan nyaman rasanya. WFH di rumah seakan ketagihan sebab bebas akses internet, bebas macet, bebas antri dan sebagainya semua terasa mudah. Bahkan membuat aktivitas saya tidak ribet lagi yang selalu ke luar ke sana ke mari di waktu-waktu tertentu jika quota habis. Saya sangat bersyukur saat ini setelah pemasangan Indihome dengan paket standar untuk rumahan. Di era digital saat ini, kita bisa menjadi penulis yang lebih produktif. Semua orang berpotensi menjadi penulis sesuai kecenderungan masing-masing, sebab dengan adanya handphone dan laptop yang sudah terhubung dengan internet Indihome. Kita bisa menulis saat bersantai, mometret momen penting kemudian memberitakannya hingga menjadi tulisan yang baik. Demikian anak-anak bisa menulis cerita terkait pertemanan, honi, pengalaman di sekolah atau ibu-ibu bisa menulis terkait masakan, terkait permasalahan di dapur, di dalam rumah tangga, atau menulis masa lalu yang bisa menjadi tulisan yang baik. Bahkan ibu-ibu bisa pula menulis terkait dengan perencanaan keuangan managemen waktu dan sebagainya sehingga siapapun itu bisa menjadi penulis konten yang produktif dari rumah. Tinggal mengasah kemampuan yang ada agar lebih produktif dan terarah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun