Keluarga merupakan pondasi utama dalam proses perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran penting keluarga dalam membentuk karakter dan kecerdasan anak pada usia tersebut, dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori Piaget dan Vygotsky memegang peranan penting dalam konteks perkembangan anak. Menurut Piaget, anak usia dini berada dalam tahap pemikiran pra-operasional, di mana mereka mulai memahami simbol yang digunakan dalam objek tertentu. Sementara itu, Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pertumbuhan anak, yang menjadi dasar persiapan mereka menuju pendidikan formal.
Faktor internal dan eksternal mempengaruhi pertumbuhan anak, namun peran keluarga menjadi kunci utama. Dukungan orang tua dalam setiap aspek perkembangan anak sangatlah vital. Ketika proses ini berjalan dengan baik, anak akan mampu tumbuh menjadi individu yang berkualitas.
Dalam konteks psikologi perkembangan, pemahaman teori-teori seperti Piaget dan Vygotsky menjadi penting. Mereka memberikan pandangan yang komprehensif tentang bagaimana anak belajar dan berkembang, serta bagaimana keluarga dapat berperan dalam proses ini.
Kesimpulannya, peran keluarga dalam perkembangan anak usia dini tidak bisa diabaikan. Dengan dukungan yang tepat dari keluarga, anak-anak akan memiliki pondasi yang kuat untuk menjadi generasi yang unggul di masa depan.
sumber: https://aulad.org/aulad/article/view/45